SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO—Setidaknya ada puluhan pelajar yang terjaring razia tim Satpol PP dalam satu pekan ini. Mereka membolos sekolah dan menongkrong di warung makan serta bermain game warung Internet (warnet).

“Puluhan pelajar terjaring razia, semua pelajar SMP dan SMA atau SMK,” kata Kepala Satpol PP Solo Sutarjo kepada wartawan di Balai Kota Solo, Selasa (9/10/2018).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Para pelajar ini tak bisa berkutik saat petugas datang. Beberapa remaja berusaha melarikan diri, namun berhasil ditangkap petugas.  Satpol PP kemudian membina mereka.

“Kami minta mereka membuat surat pernyataan tidak akan mengulangi lagi,” kata Sutarjo.

Selain itu, Sutarjo mengatakan Satpol PP berkoordinasi dengan orang tua dan guru sekolah. Siswa yang terjaring razia harus dijemput wakil sekolah dan orang tua masing-masing. Hal ini bagian dari pembinaan.

Sementara untuk memberi efek jera, Sutarjo berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) memberi pelatihan baris berbaris dan program lainnya. Satpol PP juga menegur pengelola warnet dan game online yang mengizinkan siswa berseragam sekolah bermain saat jam belajar.

“Pihak warnet akan kami kirimkan surat teguran keras. Ini menyalahi aturan, ada larangan mengizinkan siswa datang saat jam belajar,” kata dia.

Sekretaris Satpol PP Arif Darmawan menambahkan razia pelajar bolos dilakukan atas permintaan dan laporan pihak sekolah. Pengelola sekolah  mengeluhkan pelajar yang bolos dan bermain game online. “Petugas tidak hanya memantau pada siang hari tapi juga malam hari. Karena banyak anak-anak usia pelajar masih berkeliaran pada malam hari,” katanya.

Beberapa lokasi telah dipetakan Pemkot sebagai tempat menongkrong para pelajar saat malam hari, yakni di Plaza Manahan, Sriwedari, dan depan Bank Indonesia (BI). 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya