SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BARCELONA: Jenson Button merasa lega. Di sesi kualifikasi 3 yang digelar di Sirkuit Catalonia, Spanyol kemarin, pembalap Brawn GP ini unggul. Start posisi terdepan bakal menjadi miliknya saat GP F1 Spanyol digelar hari ini.

Button berhasil mengungguli Sebastian Vettel dan Ruben Barrichello, yang urut menempati posisi kedua dan ketiga.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Button berhasil jadi pembalap tercepat di sesi kualifikasi setelah di menit-menit akhir melampaui waktu Sebastian Vettel yang akan start di posisi dua dalam balapan.

Ferrari yang sempat memegang catatan bagus di sesi latihan bebas III hanya menempatkan Felipe Massa di posisi start empat, sedangkan Kimi Raikkonen malah sudah terganjal di sesi pertama kualifikasi (Q1).
Sementara McLaren menuai hasil mengecewakan. Kedua pembalapnya sudah habis duluan di Q1 dan Q2 kualifikasi, Sabtu (9/5).

Di Q1 sesi kualifikasi, Heikki Kovalainen jadi pembalap pertama yang mencatat waktu tercepat. Pembalap McLaren itu menorehkan waktu 1:23.718, yang kemudian meningkat  menjadi 1:23.095.

Sebastian Vettel kemudian melewati waktu Kovalainen tersebut dengan 1:21.532, sementara Kovalainen diduga mengalami masalah setelah melintir di lintasan. Setelah itu, dengan enam menit tersisa di Q1, Felipe Massa menjadi yang tercepat dengan 1:20.484.

Kimi Raikkonen dari Ferrari sudah harus terpangkas di Q1 ini. Bersama dengannya yang tercoret adalah Sebastien Bourdais, Kovalainen, Adrian Sutil dan Giancarlo Fisichella.

Di Q2, Sebastien Buemi sempat meluncur ke luar lintasan kendati masih bisa kembali dengan sembilan menit tersisa. Tampaknya tak ada kerusakan serius di mobilnya.

Vettel kembali sempat mencatat waktu tercepat dengan 1:20.220, tapi Mark Webber lantas bisa lebih cepat dengan 1:20.007. Dengan waktu masing-masing, kedua pembalap Red Bull itu niscaya sudah aman melaju ke Q3.

Pembalap tuan rumah Fernando Alonso dari Renault nyaris terpangkas dan cuma bisa ada di posisi sepuluh. Rubens Barrichello (Brawn GP) sementara itu mencatat waktu tercepat di menit-menit akhir Q2 ini.

Vettel melaju jadi yang tercepat dengan empat menit tersisa di Q3. Waktunya melampaui torehan Barrichello yang sempat memimpin. Sementara itu Massa sempat membelok tak sempurna dan melintas di luar lintasan sehingga mengikis sedikit waktu.

Semenit tersisa, Barrichello kembali jadi tercepat dengan 1:20.762. Vettel kembali mengejar waktu tercepat dan terus ngebut di menit-menit akhir. Vettel tercepat dengan 1:20.660. Tetapi, di menit-menit akhir Button mencuri pole position dari Vettel Button dengan waktu 1:20.527. (Harian Jogja Cetak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya