SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN — Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun akan menyediakan laptop bagi seluruh siswa kelas VI SD dan IX SMP se-Kota Madiun. Anggaran yang disediakan mencapai Rp40 miliar.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Madiun, Maidi, dalam sosialisai bantuan sarana pendidikan bagi siswa dalam rangka mendukung terwujudnya Panca Karya Madiun Kota Pintar, di Hotel Aston Madiun, Rabu (11/9/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wali Kota menuturkan pengadaan laptop itu akan direalisasikan pada tahun anggaran 2020 . Nantinya seluruh siswa kelas VI dan IX akan diberikan satu unit laptop .

Ekspedisi Mudik 2024

“Pemerintah akan menyediakan anggaran sekitar Rp40 miliar untuk pengadaan ini. Ini nanti realisasinya 2020,” kata Maidi.

Untuk pengadaan tahap pertama ini lebih diutamakan untuk siswa yang akan melaksanakan ujian, seperti kelas VI untuk tingkat SD dan IX untuk tingkat SMP. Namun, untuk tahap berikutnya akan dilakukan pengadaan bagi siswa untuk kelas lain. Hal ini supaya seluruh siswa bisa menikmati fasilitas belajar ini.

Menurut Maidi, pengadaan laptop ini supaya para pelajar bisa belajar di era digital. “Saat ini kan ujian berbasis komputer. Kalau anak tidak megang komputer pasti bingung. Materi-materi yang ada di laptop itu ya materi yang ada di dalam kurikulum. Kisi-kisinya apa saja sudah ada di dalam laptop itu,” jelasnya.

Laptop tersebut juga bisa digunakan untuk pengembangan materi pelajaran. Laptop ini nantinya dipinjampakaikan kepada para pelajar.

Dalam pengadaan laptop ini, pemkot mencontoh Pemkab Badung di Provinsi Bali yang terlebih dahulu mengadakan laptop untuk siswa. Maidi menilai Pemkab Badung sukses dalam pengadaan laptop bagi siswa.

“Kalau di Badung pengadaan laptop ini sampai tiga tahap karena jumlah siswanya banyak. Beda sama Kota Madiun yang jumlah sekolahnya sedikit, jumlah siswanya juga sedikit. Kita lebih ringan karena jumlahnya lebih sedikit,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya