SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO—Presenter Brigita Manohara hadir di Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Rabu (21/8/2019).  Dia memberikan tips-tips public speaking kepada mahasiswa baru (maru) Fakultas Pertanian (FP) UNS.

Di bawah terik matahari, presenter TvOne tersebut membaur bersama 1.053 maru di halaman FP UNS. Dia menegaskan mahasiswa harus memiliki tujuan hidup dan cita-cita yang jelas. Salah satu faktor penting yang menunjang cita-cita tersebut adalah kemampuan public speaking yang baik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Jangan jadi mahasiswa biasa-biasa saja. Sepintar apa pun Anda tetapi kalau tidak mampu menyampaikan ide dan pemikiran-pemikiran, akan percuma. Nah di sini pentingnya kemampuan public speaking,” ujar Brigita yang kerap berbicara menggunakan logat jawa timuran ini.

Ekspedisi Mudik 2024

Wanita yang kini tengah menempuh studi S-3 Ilmu Hukum di Universitas Indonesia (UI) ini memaparkan tiga hal yang penting dalam public speaking yaitu penampilan, kepercayaan diri, dan ekspresi suara (vocal expression). “Jadi dalam berbicara di depan publik kita harus mengatur beberapa hal terkait ekspresi suara yaitu intonasi atau penekanan suara, nada suara atau ngomongnya harus jelas,  volume suara dan temponya diatur, serta pitch atau tinggi rendah nada suaranya. Sehingga ketika kita bicara, orang lain akan tertarik dan mendengarkan yang kita sampaikan,” ujarnya.

Dia yang telah mengantongi masing-masing dua gelar S1 dan S2 ini juga berbagi tips bagaimana mengusir demam panggung. Perasaan grogi saat bicara di depan umum, kata dia, biasanya karena orang minder merasa tidak lebih baik dari orang yang dihadapi. “Jadi bayangkan kita lebih baik dari orang lain. Prinisipnya kamu adalah apa yang kamu pikirkan,” ujarnya.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor  Bidang Mahasiswa dan Alumni, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, ST, MT, didampingi Wakil Dekan Bidang Mahasiswa dan Alumni FP, Dr. Agung Wibowo, SP, MSi. “Public speaking sangat menunjang mahasiswa ketika mengikuti berbagai kegiatan baik program kreativitas mahasiswa dan lomba baik di tingkat nasional maupun internasional,” ujar Agung Wibowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya