Otomotif
Kamis, 18 April 2024 - 19:09 WIB

Tips Aman Berkendara Bagi Pelajar Seusai Libur Panjang

Redaksi Solopos.com  /  Akhmad Ludiyanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Salah satu bagian motor yang diperiksa setelah liburan adalah ban. (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG – Liburan panjang adalah waktu yang menyenangkan bagi pelajar untuk bersantai dan menikmati waktu luang. Namun, ketika liburan berakhir, saatnya bagi mereka untuk kembali ke rutinitas sekolah.

Bagi sebagian besar pelajar yang tinggal jauh dari sekolah, sepeda motor adalah salah satu sarana transportasi utama mereka. Oleh karena itu, pemeriksaan sepeda motor sebelum memulai perjalanan kembali ke sekolah menjadi sangat penting untuk memastikan keselamatan di jalan.

Advertisement

Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng Suko Edi menjelaskan bahwa keselamatan adalah prioritas utama, dan pemeriksaan yang teliti dapat membantu mencegah kecelakaan yang tidak diinginkan, jadi pastikan untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh sebelum mulai masuk sekolah setelah liburan panjang.

Ada beberapa pemeriksaan yang bisa dilakukan guna memastikan sepeda motor dalam kondisi baik dan aman, di antaranya:

Advertisement

Ada beberapa pemeriksaan yang bisa dilakukan guna memastikan sepeda motor dalam kondisi baik dan aman, di antaranya:

 

1. Periksa ban

Ban yang kempis karena lama tak dipakai dapat memengaruhi kontrol dan stabilitas sepeda motor. Pastikan untuk memeriksa keausan ban dan periksa juga tidak ada retakan atau benda tajam yang menempel di permukaannya. Pastikan juga tekanan udara di dalam ban sesuaikan standar pabrik.

Advertisement

2. Periksa sistem pengereman

Pemeriksaan sistem pengereman adalah langkah penting untuk keselamatan. Pastikan rem depan dan belakang berfungsi dengan baik. Periksa ketebalan kampas rem dan pastikan tidak aus secara berlebihan. Selain itu, pastikan juga bahwa kabel rem tidak mengalami keausan atau kebengkokan yang dapat mengganggu kinerja pengereman.

 

3. Periksa sistem lampu

Pastikan semua lampu pada sepeda motor berfungsi dengan baik. Hal ini termasuk lampu depan, lampu belakang, lampu sein, serta lampu rem. Lampu yang tidak berfungsi dengan baik dapat mengurangi visibilitas bikers di jalan, yang dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Advertisement

 

4. Periksa oli dan cairan pendingin

Pastikan tingkat oli mesin dan cairan pendingin berada pada level yang tepat. Oli yang kurang atau terlalu banyak dapat menyebabkan kerusakan pada mesin. Pastikan juga tidak ada kebocoran pada sistem oli atau cairan pendingin.

 

Advertisement

5. Periksa sistem knalpot

Pastikan knalpot tidak bocor dan tidak ada retakan yang dapat mengganggu kinerja mesin. Knalpot yang bocor dapat menghasilkan emisi gas buang yang berbahaya dan dapat merusak lingkungan.

 

6. Periksa dokumen kendaraan

Pastikan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) dalam keadaan lengkap dan masih berlaku. Selain itu ada baiknya bila mengecek perlengkapan seperti helm dan jas hujan dalam kondisi baik atau tidak berjamur karena lembap.

 

“Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin, pelajar dapat memastikan bahwa sepeda motor aman untuk dikendarai. Para pelajar tidak perlu khawatir bila tidak mengerti terkait pengecekan motornya karena AHASS Jateng siap untuk melayani pengecekan rutin dan memastikan motor dalam kondisi prima untuk dikendarai,” ucap Suko Edi.

Pencarian lokasi AHASS pun sangat mudah karena saat ini telah tersedia 352 jaringan AHASS yang tersebar diseluruh wilayah Jawa Tengah (kecuali Kedu dan Banyumas). Pelajar dapat melakukan booking service online yang tersedia pada layanan mobile Apps Motorku X agar tidak menunggu antrean panjang. Selain untuk melakukan pengecekan rutin, AHASS Jateng juga menyediakan Honda Genuine Parts yang dijamin asli dan berkualitas.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif