Tentang Kami
Jumat, 9 Desember 2011 12:32 WIB Share :

Tentang Kami

Koran praktis, selektif memilih isi, dan mengikuti tren pembaca terkini merupakan pendekatan pengelolaan isi Harian Jogja.  Suratkabar umum lokal ini ditujukan untuk melayani komunitas yang ada di Provinsi Jogja dengan populasi  3,4 juta jiwa.

Tampilan praktis wajah Harian Jogja mendorong pembaca betah menikmati isi hingga tuntas. Penggunaan ukuran huruf yang nyaman bagi pembaca, jumlah informasi yang selektif, pengelompokan rubrikasi berita yang jelas, serta tata warna khas tradisi Jogja (cokelat, hijau, merah, kuning) di tiap halaman, menjadikan produk ini dekat sekali dengan selera khas konsumen Jogja.

Sejak terbit awal, pembaca, pengasong dan pengecer koran, sering menyingkat Harian Jogja menjadi Harjo, sebuah nama akrab dengan tradisi kehidupan keseharian Jogja. Secara tidak langsung, kedekatan itu mempercepat koran itu menjadi bagian Jogja.

Kekentalannya sebagai koran Jogja tercermin pula dari pemakaian istilah lokal dalam penamaan rubrik maupun penulisan berita.  Sebut saja subrubrik Angkringan, Gedhadhe Dab (bahasa walikan Jogja), Jagongan, Unek-unek, Jagongan, Suluk — begitu popular dipakai orang Jogja.

Format Harian Jogja dikemas menjadi dua sisipan. Seksi satu berisi berita-berita yang terjadi di tingkat regional, nasional, hingga internasional. Sedangkan seksi dua, dengan sebutan rubrik JOGJAPolitan, berisi kumpulan berita-berita daerah  di Provinsi Jogja, mulai dari Jogja, Sleman, Kulon Progo, Bantul, Gunung Kidul, serta bagian Jawa Tengah seperti Magelang, Purworejo, Solo dan Banyumas.

Harian Jogja diterbitkan oleh grup Bisnis Indonesia, yang lebih dulu menerbitkan koran umum lokal Solo, Harian Solopos.


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL TERIOS TS’2008,Mulus/Gagah R18,Comp AC Baru,Silver,125JtNego, Hub=085640166830 (A001…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Kemanusiaan Keluarga Polk

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/9/2017). Esai ini karya Anindita S. Thayf, seorang novelis dan esais yang tinggal di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah bambu_merah@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Persekusi terhadap warga Rakhine etnis Rohingya di Myanmar…