Victor Kristiawan Blegur, Caleg Segudang Pengalaman

Profil Victor Kristiawan Blegur/Whisnupaksa
31 Juli 2018 00:27 WIB Ginanjar Saputra Profil Share :

Solopos.com, KUPANG – Victor Kristiawan Blegur, pria 36 tahun yang tinggal di Jl.  BTN Kolhua, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), mantap maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) di DPRD NTT pada Pemilu 2019 mendatang. Victor merupakan pria bertitel sarjana teknik yang telah memiliki segudang pengalaman di bidang jasa konsultan pembangunan.

Victor Kristiawan Blegur maju sebagai caleg DPRD NTT untuk Daerah Pemilihan (Dapil) VI. Dapil tersebut meliputi Kabupaten Alor, Kabupaten Lembata, dan Kabupaten Flores Timur.

Lahir di Solo, 14 Desember 1981, Victor mernghabiskan masa kecilnya hingga lulus dari bangku SMA di Kota Solo. Meski lama di Solo, Victor merupakan putra dari ayah yang berasal dari Kabupaten Alor, NTT.

Bukan hanya itu, istri Victor pun merupakan perempuan yang juga berasal dari NTT, tepatnya Kabupaten Flores Timur. "Bapak saya asli Alor, istri saya asalnya Kabupaten Flores Timur," ucap Victor saat berbincang dengan Solopos.com, Senin (30/7/2018) malam.

Pria yang telah hidup bahagia dan memiliki satu putri dan satu putra itu mengaku belum pernah maju sebagai caleg sebelumnya. "Baru kali ini saya terpanggil ingin menjadi wakil rakyat," tuturnya dengan suara yang kharismatik.

Victor menjelaskan dirinya sangat ingin menjadi anggota DPRD demi bisa menyejahterakan rakyat NTT. "Saya ingin menjaga amanah rakyat untuk bisa mensejahterakan rakyat dan memperjuangkan keadilan sosial," jelasnya mantap.

Konsultan

Untuk maju sebagai caleg pada Pemilu 2019 mendatang, Victor bukan lah orang yang sembarangan. Ia merupakan sarjana teknik lulusan Fakultas Teknik, Universitas Katolik (Unika) Widya Mandira, Kota Kupang, NTT. Calon wakil rakyat dari PDI Perjuangan itu menempuh pendidikan untuk meraih gelar sarjana teknik dalam waktu empat tahun, dari 2006 sampai 2010.

Sejak duduk di bangku kuliah, Victor juga cukup kenyang dengan pengalaman di organisasi. Ia tercatat pernah memangku jabatan sebagai ketua senat di Fakultas Teknik Unika Widaya Mandira pada 2008 sampai 2009. Ia juga pernah menjadi Kepala Bidang Organisasi Mahasiswa Asal Alor Pantar. Bahkan kini, Victor merupakan ketua DPD Pro Jokowi (Projo) NTT.

Soal pengalaman di bidang konsultan pembangunan, Victor juga tak kalah kenyang. Dari 2010 hingga 2012, Victor pernah menjadi pekerja lepas di salah satu BUMN, yakni PT Bina Karya (Persero). Selepas itu, caleg dari PDI Perjuangan tersebut bekerja di salah satu perusahaan di Bandung.

Tak lama kemudian, juga pada 2012, Victor bekerja di salah satu perusahaan jasa konsultan di Kupang, yakni CV Indo Desain Konsultan. Di perusahaan tersebut, Victor sempat dipercaya sebagai direktur.

Kini, Victor telah sukses dan membuka usaha sendiri, juga di bidang konsultan pembangunan. Perusahaan Victor tersebut dinamai CV Nuansa Karya Internasional.

Namun demikian, Victor ingin melepas sejenak urusannnya di perusahaan miliknya karena berkaitan dengan persyaratannya maju sebagai caleg pada Pemilu 2019. "Kalau sekarang mau mencalonkan diri [sebagai anggota legislatif] mungkin mau melepas dulu, karena kita kan ada syarat enggak boleh memegang jabatan yang berkaitan dengan proyek pembangunan," ungkap Victor Kristiawan Blegur.

Pengalaman pahit saat masa remaja menjadi pelajaran berharga bagi Victor. Saat itu, dia memasuki kehidupan yang sulit ditambah salah pergaulan hingga mengakibatkan Victor harus menjalani dan menyelesaikan masa hukuman di Rutan Surakarta selama 6 bulan pada tahun 2002 silam.

Baginya pengalaman itu menjadi pelajaran sangat berharga dalam menjalani kehidupannya. Tak hanya pengalaman manis, pengalaman pahit itu pula justru semakin menguatkan tekad Victor menjadi manusia yang lebih berguna, lebih bermanfaat dan lebih bisa berbagi untuk kebaikan masyarakat. "Ini sangat berarti bagi saya. Menularkan yang baik, sehingga akhirnya membuat orang lain berbuat kebaikan."

Maju sebagai caleg DPRD NTT, Victor membawa visi yang mulia. Visi Victor adalah Berperan dalam Mewujudkan Masyarakat yang Adil dan Sejahtera serta Berkualitas.

Misi Victor pun tak kalah mulia, yakni selalu dan selalu menyuarakan dan memperjuangkan keadilan dan kesejahteraan serta pengawasan terhadap pembangunan sumber daya manusia NTT agar siap saing.

Visi dan misi itu tak salah jika dibawa oleh seorang Victor Kristiawan Blegur. Pasalnya, visi dan misi itu sejalan dengan pengalaman Victor sebagai sarjana teknik yang sudah malang melintang di dunia jasa konsultan pembangunan.

Tokopedia