Profil Endang Srikarti Handayani

Profil Endang Srikarti (Solopos - Whisnupaksa)
11 Juli 2018 19:53 WIB Budi Cahyono Profil Share :

Endang Srikarti Handayani adalah politikus dari Partai Golongan Karya (Golkar) yang kini menjadi anggota DPR untuk periode 2014-2019. Perempuan yang ditugaskan di Komisi III DPR tersebut merupakan putri kelahiran Boyolali, Jawa Tengah (Jateng), 18 Agustus 1963.

Sebelum bertugas di Komisi III DPR, Endang Srikarti beberapa kali dipindahtugaskan. Di awal periode 2014-2019, ia merupakan anggota Komisi VIII DPR yang mengurusi bidang agama, sosial dan, pemberdayaan perempuan.

Pada April 2015 lalu, terjadi banyak mutasi di Fraksi Golkar sehingga Endang Srikarti dipindah ke Komisi VI DPR yang membidangi perindustrian, investasi, perdagangan, koperasi dan BUMN dan Badan Standardisasi Nasional. Pada Januari 2016, Endang Srikarti kembali menjadi anggota Komisi VIII DPR-RI.

Baru pada September 2017, terjadi mutasi internal di Partai Golkar dan Endang dipidahtugaskan ke Komisi III DPR RI. Komisi III DPR RI merupakan komisi yang mengurusi bidang keamanan, hukum, dan HAM.

Sebagai putri daerah Boyolali, Endang Srikarti justru menempuh pendidikan SMA dan sarjananya di Jakarta. Ia tercatat sebagai siswa SMA Persamaan Jakarta dari 1989 sampai 1992 dan tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Hukum di Universitas Borobudur Jakarta dari 1996 sampai 2001.

Sebelum menempuh pendidikan SMA-nya, Endang Srikarti pernah bekerja di bidang pemasaran di salah satu perusahaan asuransi. Perempuan yang kini menjadi wakil rakyat tersebut pernah menjadi staf marketing di Asuransi Bumiputera pada 1987.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana hukum, Endang Srikarti langsung terjun ke dunia advokasi pada 2001. Namanya pun disebut-sebut sebagai salah satu pendiri Kantor Advokat dan Konsultan Hukum Soenyoto, S.H & Rekan.

Endang Srikarti Handayani kemudian melanjutkan pendidikannya ke jenjang S-2 di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gajah Mada (FIB UGM) pada 2007. Ia berhasil lulus dan merih gelar magister pada bidang humaniora dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun.

Pada 2014, Endang Srikarti terpilih menjadi anggota DPR mewakili rakyat di Daerah Pemilihan (Dapil) Jateng V. Dapil tersebut meliputi Kota Solo, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Klaten.

Salah satu anggota DPR periode 2014-2015 dari Fraksi Golkar tersebut kini juga aktif di media sosial. Beberpa kali ia memamerkan kegiatannya di akun Instagram miliknya, @endangsrikarti. Sang politikus Partai Golkar tersebut kini tinggal di Jl. Balai Rakyat No.11, RT.010/RW.009, Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, DKI Jakarta.

Tokopedia

Sumber : Wikidpr.go.id, Mpr.go.id, Dpr.go.id