News
Sabtu, 30 Maret 2024 - 10:57 WIB

Disdik Solo akan Bangun GOR di SMP Khusus Olahraga

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah siswa berolahraga melintas di depan pintu gerbang bangunan Sekolah Khusus Olahraga (SKO) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Jl. Ronggowarsito No.112, Solo, Rabu (23/8/2023). (Solopos/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO—Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo berencana membangun fasilitas baru di SMP Khusus Olahraga (SKO)  berupa gedung olahraga atau GOR. Fasilitas indoor tersebut dimaksudkan untuk memfasilitasi siswa latihan. 

“Yang bakal dibangun lagi rencananya indoor [gedung olahraga] untuk latihan, nanti ada fasilitas untuk bola basket, voli, dan lainnya. Intinya untuk kebutuhan latihan anak-anak SKO,” kata Sekretaris Disdik Kota Solo, Abdul Haris, kepada Solopos.com, belum lama ini.

Advertisement

Haris mengatakan meski pembangunan gedung SKO sudah selesai dan sudah digunakan untuk kegiatan belajar mengajar, namun pembangunan fasilitas latihan bakal dilanjutkan. Hanya saja, pihaknya masih menunggu penyesuaian anggaran.

“Itu [SKO] belum selesai, masih bakal ada penambahan fasilitas lain. tapi nanti kelanjutannya belum tahu ya, karena memang sumber dana sudah terbatas. Tapi kita [usahakan] siapa tahu ada sumber dana lain,” kata dia.

Dia mengatakan rencana awal pembangunan GOR untuk SKO dilakukan pada tahun ini. Namun lantaran masih harus mempertimbangkan anggaran, pihaknya tidak menampik kemungkinan pembangunan fasilitas itu baru bisa dilakukan pada 2025. 

Advertisement

“Sebenarnya rencana tahun ini. Anggaran kan masih banyak yang disesuaikan, siapa tahu bisa tahun ini. Tapi kalau tidak bisa ya tahun depan,” kata dia.

Meski begitu, sarana prasarana di SKO saat ini sudah cukup digunakan untuk aktivitas pembelajaran. Terdapat ruang kelas serta halaman sekolah yang bisa digunakan untuk aktivitas bagi para siswa.

Sedangkan untuk aktivitas latihan menggunakan fasilitas yang ada di Manahan. Penggunaannya disesuaikan dengan cabang olahraga masing-masing siswa.

Advertisement

“Tapi untuk sementara ini sudah cukup, sudah bisa digunakan untuk aktivitas anak-anak. Ini sementara [latihan] indoor itu menggunakan fasilitas Manahan, itu kan masih bisa,” kata dia.

Saat ini Disdik Solo sedang memprioritaskan pembangunan lima SDN dan satu SMPN. Terdapat dua sekolah yang akan dibangun ulang yakni SDN Joglo Solo dan SDN Begalon Solo. Sementara itu terdapat tiga SD yang merupakan pembangunan lanjutan dari tahun sebelumnya yakni SDN Bromantakan Solo, SDN Mojo Solo, dan SDN Tugu Solo.

Disdik juga memprioritaskan pembangunan ulang SMPN 6 Solo lantaran selama ini, sekolah yang berada di Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, itu menjadi langganan banjir. Khusus SMPN 6 Solo pembangunan bakal menggunakan dana hibah dari Uni Emirat Arab (UEA).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif