Teknologi
Selasa, 7 Mei 2024 - 19:34 WIB

Waspadai Risiko Pakai Headphone Peredam Bising

Redaksi Solopos.com  /  Akhmad Ludiyanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi, orang memakai headphone. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Bagi kamu yang suka banget pakai earbud ke mana-mana, waspada risiko yang mengancam. Pakar audiologi memperingatkan para pengguna earbud dan penyuara jemala atau headphone peredam bising bahwa memblokir kebisingan latar belakang bisa memengaruhi cara otak memproses suara serta mengurangi kesadaran terhadap lingkungan sekitar.

Josh Gordon, kepala inovasi di perusahaan teknologi Singapura Geonode, dalam wawancara dengan Fox News Digital pekan lalu mengatakan bahwa earbud peredam bising bisa menghadirkan keheningan, tetapi juga dapat membuat seseorang tidak bisa mendengarkan hal lain di sekitarnya yang mungkin membahayakan.

Advertisement

Paparan suara keras dalam jangka waktu lama atau bahkan hanya satu kali saja dapat menyebabkan gangguan pendengaran, karena suara yang menggelegar dapat merusak sel dan membran di telinga bagian dalam.

Selain bisa menyebabkan gangguan pendengaran, polusi suara juga dikaitkan dengan peningkatan stres, tekanan darah tinggi, gangguan tidur, dan penurunan produktivitas.

Advertisement

Selain bisa menyebabkan gangguan pendengaran, polusi suara juga dikaitkan dengan peningkatan stres, tekanan darah tinggi, gangguan tidur, dan penurunan produktivitas.

Menurut siaran informasi Organisasi Kesehatan Dunia yang dikutip oleh New York Post pada Minggu (5/5/2024), orang dewasa dapat dengan aman mendengarkan kebisingan 80 desibel hingga 40 jam sepekan.

Suara mesin sepeda motor yang menyala sekitar 95 desibel, sedangkan suara penanda kedatangan kereta bawah tanah dan acara olahraga sekitar 100 desibel menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat.

Advertisement

David McAlpine, direktur akademik Macquarie University Hearing di Australia, mengatakan bahwa suara keras yang intens dapat merusak pendengaran, jadi ada situasi di mana headphone peredam bising bermanfaat. Namun, ia melanjutkan, pada saat yang sama kebisingan latar belakang sangat penting untuk orientasi lingkungan.

McAlpine merekomendasikan penggunaan penyuara jemala peredam bising di lokasi konstruksi, militer, konser, atau tempat kerja yang bising seperti kafe untuk mencegah gangguan pendengaran.

Ruth Reisman, ahli audiologi klinis di Negara Bagian New York, mengatakan kepada Fox News Digital bahwa teknologi itu juga bermanfaat bagi orang-orang yang menderita hyperacusis (gangguan pendengaran langka) atau autisme.

Advertisement

Dia merekomendasikan pembatasan penggunaan perangkat itu dua hingga tiga jam dalam sehari.

Joel Smith, pakar audio yang berbasis di California, mengingatkan bahwa earbud harus dibersihkan setidaknya sepekan sekali menggunakan sikat berbulu lembut untuk menghilangkan lilin dan kotoran serta tisu beralkohol untuk membunuh virus, bakteri, atau jamur yang dapat menyebabkan infeksi telinga.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif