Teknologi
Selasa, 16 April 2024 - 17:18 WIB

Tangkal Serangan Bot, Pengguna Baru X bakal Dikenai Biaya

Redaksi Solopos.com  /  Akhmad Ludiyanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo X (Twitter). Freepik

Solopos.com, JAKARTA – Bos X (Twitter) Elon Musk berencana memungut biaya kecil dari pengguna baru X untuk membuat unggahan di media sosial tersebut dalam upaya mengatasi permasalahan yang ditimbulkan oleh bot.

Dalam balasannya kepada pengguna X pada unggahan mengenai perubahan di situs web X, Musk menyampaikan bahwa pengenaan biaya kecil pada akun baru merupakan “satu-satunya cara” untuk mengatasi serangan bot.

Advertisement

“Sayangnya, sedikit biaya untuk akses menulis pengguna baru merupakan satu-satunya cara untuk mengekang serangan tanpa henti dari bot,” katanya melalui akun X @elonmusk.

Ia menilai sistem keamanan seperti Captcha kurang efektif untuk mengatasi serangan gencar bot, karena dapat dilewati dengan mudah menggunakan teknologi kecerdasan buatan yang ada saat ini.

Dalam balasannya kepada pengguna X yang lain, Musk menyampaikan bahwa biaya akses menulis unggahan hanya akan dikenakan pada pengguna baru. “Ini hanya untuk para pengguna baru. Mereka akan bisa menulis unggahan secara gratis setelah tiga bulan,” katanya.

Advertisement

Hingga saat ini, Musk maupun X belum menjelaskan detail rencana penerapan kebijakan tersebut, termasuk nominal biaya yang harus dibayar oleh pengguna baru untuk membuat unggahan.

Menurut siaran Tech Crunch pada Selasa (16/4/2024), X bulan Oktober tahun lalu menetapkan biaya USD1 atau sekira Rp16.000 pada pengguna baru yang tidak terverifikasi di Selandia Baru dan Filipina.

Pengguna baru yang mendaftar gratis di wilayah tersebut dapat melihat unggahan tetapi tidak bisa berinteraksi dengannya. Pengguna baru harus membayar untuk bisa mengunggah konten, menyukai, mengunggah ulang, membalas, dan mengakses fitur lainnya.

Advertisement

X juga berupaya membasmi akun spam sejak awal bulan lalu. Dalam pengumumannya, X menyatakan bahwa tindakan tersebut mungkin akan berdampak pada jumlah pengikut pengguna.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif