News
Rabu, 24 April 2024 - 17:51 WIB

Presiden Jokowi bakal Berikan Penghargaan Satyalancana ke Gibran & Bobby

Redaksi Solopos.com  /  Chelin Indra Sushmita  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menantu dan putra sulung Presiden Jokowi, Bobby Nasution (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (kanan), saat berada di Kantor Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Senin (28/3/2022). (Solopos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo direncanakan memberikan penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja kepada kepala daerah yang berprestasi.

Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution menjadi kandidat yang akan menerima penghargaan Satyalancana ini. Adapun penghargaan tersebut diberikan dalam peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) 2024, Kamis (25/4/2024).

Advertisement

“Insyaallah nanti Pak Presiden juga hadir untuk memberikan lencana. Lencana ini diberikan kepada wali kota, bupati, dan gubernur yang akan diberikan sekali seumur hidup atas prestasi yang pernah dilakukan untuk wilayahnya masing-masing,” kata Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, Selasa (23/4/2024), dikutip dari situs surabaya.go.id.

Wali Kota Eri menjelaskan, Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha merupakan penghargaan yang diberikan kepada kepala daerah atas prestasi yang dilakukan.

Penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD) Tahun 2022 terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2021.

Advertisement

“Kalau yang (EPPD) tahun 2023, itu diberikan piagam. Tapi yang (EPPD) di tahun 2021 sudah mendapatkan piagam, akan diberikan lencana (Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha) tadi,” lanjutnya.

Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) itu juga mengungkapkan, ada 15 kepala daerah yang akan menerima tanda kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha. Dengan perincian, dua gubernur, dua wali kota dan tujuh bupati.

Adapun sejumlah kepala daerah lain juga dijadwalkan menerima Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha, di antaranya Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024) dan Anna Mu’awanah (Bupati Bojonegoro periode 2018-2023).

Advertisement

Kemudian Ipuk Fiestiandani Azwar Anas (Bupati Banyuwangi periode 2019-sekarang), Gibran Rakabuming Raka (Wali Kota Solo periode 2021-sekarang) hingga Bobby Nasution (Wali Kota Medan periode 2021-sekarang).
Sebagai informasi, Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha merupakan tanda kehormatan yang dianugerahkan atau diberikan dengan Keputusan Presiden RI.

Tanda kehormatan ini diberikan kepada penyelenggara pemerintahan di daerah atas jasa besar atau berprestasi kinerja sangat tinggi dalam penyelenggaraan pemerintah daerah. Lencana ini diperuntukkan bagi kepala daerah dan hanya diberikan sekali dalam seumur hidup.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Jokowi akan Serahkan Satyalancana Karya Bhakti Praja untuk Gibran dan Bobby”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif