Teknologi
Jumat, 26 April 2024 - 15:18 WIB

Game Kekerasan Berpotensi Merusak Moral Anak-anak Bangsa

Redaksi Solopos.com  /  Akhmad Ludiyanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Seorang anak bermain game online. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Game yang berisi konten kekerasan berpotensi merusak moral anak-anak bangsa. Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo, menyoroti bahwa banyaknya game berisi kekerasan.

“Kita sadar betul bahwa (segala bentuk aktivitas) anak-anak tidak boleh diisi dengan hal-hal yang mempengaruhi template dan sikap moral mereka, salah satunya itu soal kekerasan,” kata Hasto di Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Advertisement

Menanggapi adanya wacana Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) soal pemblokiran game Free Fire, Hasto menyayangkan banyak anak memilih banyak menghabiskan waktu untuk bermain game yang mengandung kekerasan.

Padahal jenis game tersebut dapat berbahaya bagi pembentukan sikap, perilaku dan moral anak-anak saat masa tumbuh kembangnya.

Advertisement

Padahal jenis game tersebut dapat berbahaya bagi pembentukan sikap, perilaku dan moral anak-anak saat masa tumbuh kembangnya.

Selain merusak moral, Hasto menilai game yang mengandung kekerasan dapat merusak fungsi mata anak. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan banyaknya anak usia 5-6 tahun yang telah memakai kacamata.

“Baru usia 5-6 tahun sudah pakai kacamata tebal. Itu karena penggunaan matanya harus kuat sekali. Kalau dia melakukan akomodasi karena jarak mata dengan game atau handphone terlalu dekat, kerja mata akan lebih berat, sehingga ada kelainan mata namanya miopi,” ujar Hasto.

Advertisement

Menurutnya, pola asuh yang diterapkan oleh orang tua di rumah berperan penting dalam pembentukan karakter anak-anak.

Lebih lanjut Hasto turut mengaku akan mendukung Kemenkominfo untuk mempertimbangkan pemblokiran game daring tersebut, dengan tujuan menjaga kesehatan mental anak sekaligus menciptakan generasi yang berkarakter.

“Makanya, saya sangat mendukung (upaya Kemenkominfo) untuk selamatkan anak-anak kita, untuk tidak terkena hal-hal yang berbau toksik seperti itu,” kata Hasto.

Advertisement

Sebelumnya pada Selasa (23/3/2024), Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyampaikan bahwa Kemenkominfo mempertimbangkan rekomendasi pemblokiran game daring Free Fire, yang dikhawatirkan berdampak negatif terhadap anak.

“Free Fire pokoknya gini loh ya, sama seperti konten-konten, harus ada ratingnya. Film juga kan ada ratingnya, semua umur, 13 atau 17 tahun, dan game juga begitu. Game kan harus ada ratingnya juga,” katanya.

Ia menekankan pentingnya penerapan aturan batasan usia dalam mengakses game dan konten daring serta peran orang tua dalam memantau anak-anak mengakses game dan konten daring. “Orang tua juga jangan membiarkan nonton konten yang tidak semestinya,” katanya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif