News
Jumat, 23 Maret 2018 - 17:10 WIB

Tersandung Skandal Suap, Presiden Peru Mundur

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pedro Pablo Kuczynski (Reuters)

Presiden Peru Mundur karena tersandung skandal suap.

Solopos.com, LIMA – Presiden Peru, Pedro Pablo Kuczynski, resmi mengundurkan diri. Pengumuman pengunduran ini disampaikan langsung olehnya dalam pidato kenegaraan, Rabu (21/3/2018). Keputusan berat ini disampaikan sehari sebelum pemungutan suara yang dilakukan kongres terkait mosi pemecatannya.

Advertisement

Dilansir BBC, Kamis (22/3/2018), Pedro Pablo Kuczynski mengundurkan diri dari jabatannya karena dilaporkan terlibat dalam skandal pembelian suara. Dia mengambil keputusan ini karena tidak ingin menjadi penghambat pembangunan negara meski telah membantah tuduhan tersebut.

Para pemimpin partai di kongres itu menyetuji pengunduran diri Pedro Pablo Kuczynski. Padahal, dia baru akan menjalani sidang dakwaan di hadapan Kongres Peru terlebih dahulu untuk menentukan nasibnya di kursi kepresidenan.

Sebelumnya, Pedro Pablo Kuczynski terselamatkan dari sidang dakwaan kongres yang dilakukan secara terpisah pada Desember 2017 lalu. Dalam sidang itu, dia dituding menerima suap dari perusahaan konstruksi asal Brasil yang membantunya meraih tampuk kekuasaan di Peru pada 2016 lalu.

Advertisement

Meski tengah mengklaim tidak bersalah, Pedro Pablo Kuczynski terpaksa harus meninggalkan jabatannya karena desakan banyak pihak. Lebih lanjut, skandal itu juga membuatnya mulai kehilangan dukungan dari warga Peru.

 

 

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Peru Presiden Peru
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif