Jateng
Jumat, 23 Maret 2018 - 06:50 WIB

AGENDA SEMARANG : Kapolri Resmikan Gedung Baru Mapolda Jateng

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gedung baru Polda Jateng di Jl. Pahlawan, Kota Semarang. (Okezone.com-Taufik Budi)

Agenda Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian di Kota Semarang antara lain meresmikan gedung baru Polda Jateng.

Semarangpos.com, SEMARANG — Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian yang sejak Kamis (22/3/2018) melakukan kunjungan kerja ke Jawa Tengah dijadwalkan pula meresmikan gedung baru Mapolda Jateng di Jl. Pahlawan, Kota Semarang, Jateng. Agenda peresmian gedung baru Mapolda Jateng oleh Kapolri itu dijadwalkan Jumat (23/3/2018) pagi.

Advertisement

Sebagai rangkaian agenda peresmian gedung baru Mapolda Jateng itu, Kapolri Tito Karnavian juga dijadwalkan memimpin deklarasi antihoaks bersama ulama dan tokoh masyarakat di Jateng. “Akan diresmikan besok Jumat pukul 09.00 WIB oleh Bapak Kapolri. Kita undang ulama tokoh masyarakat se-Jateng, beserta para bupati, wali kota, kapolres, dandim, untuk menyaksikan beroperasinya rumah untuk melayani rakyat, Mapolda Jateng,” kata Kapolda Jateng Irjen Pol. Condro Kirono, Kamis (22/3/2018).

Jenderal bintang dua itu menambahkan, dengan beroperasinya gedung baru diharapkan bisa meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Sebab, selama ini sejumlah satuan berada di luar kompleks Mapolda Jateng Jalan Pahlawan Semarang. “Harapannya anggita kita yang tersebar selama ini, misalnya Diresnarkoba berada di tempat lain, kemudian Intel, Binmas yang berada di luar bisa menyatu. Ini akan lebih memudahkan bagi kita untuk melayani masyarakat,” terangnya sebagaimana dikutip laman aneka berita Okezone.com.

Pembangunan gedung yang menempati lahan seluas 24.796 m2 itu juga dinilai telah sesuai dengan perencanaan. Sebelumnya, Mapolda Jateng sempat terbakar, Rabu 30 September 2015. Kobaran api telah melalap sebagian besar bangunan Mapolda Jateng. Saat itu, api menghanguskan seluruh gedung A dan Aula. Tidak ada korban jiwa, namun berkas-berkas banyak yang tidak dapat diselamatkan.

Advertisement

Selanjutnya dilakukan pembangunan gedung baru dengan anggaran multiyears. Pada 2016, dilaksanakan pembangunan Mapolda Jateng Tahap I dengan sumber dana Dipa APBN Rp35,8 miliar dan hibah Pemprov Jateng Rp15 miliar, sehingga total biaya pembangunan gedung baru itu mencapai Rp50,8 miliar.

Pada 2017 dilanjutkan pembangunan tahap II gedung mapolda itu dengan dana senilai Rp132 miliar dari Dipa Polri APBN II Rp120 miliar dan hibah Pemprov Jateng Rp12 miliar. Anggaran ratusan miliar itu di antaranya untuk membangun gedung bertingkat tujuh lantai yang dilengkapi helipad.

“Seusai peresmian gedung baru, Kapolri akan memimpin deklarasi antihoaks bersama ulama dan tokoh masyakat. Nanti kegiatannya di Gedung Borobudur,” kata Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol. Agus Triatmaja memerinci agenda kapolri Tito Karnavian di Kota Semarang itu.

Advertisement

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif