Jateng
Rabu, 21 Maret 2018 - 06:50 WIB

LALU LINTAS DEMAK : Jalur Semarang-Purwodadi Ditutup, Ada Pergantian Rel Kereta Api…

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi rel kereta api. (JIBI/Bisnis/Dok.)

Lalu Lintas di jalur jalan Semarang-Purwodadi wilayah Demak dipastikan terganggu pergantian rel kereta api.

Semarangpos.com, SEMARANG — Arus lalu lintas di jalur jalan Semarang-Purwodadi, wilayah Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Rabu (21/3/2018), dipastikan terganggu. Jalur jalan itu bakal ditutup total akibat aktivitas perbaikan jalur rel kereta api di kawasan perlintasan Ganefo Mranggen, Demak atau antara Stasiun Brumbung-Tegowanu. Seluruh kendaraan roda dua maupun roda empat akan dialihkan ke jalur jalan alternatif.

Advertisement

Penutupan jalur jalan itu dijadwalkan mulai dilakukan pada pukul 08.30 WIB atau setelah KA Ambarawa Ekspres yang menjalani perjalanan Semarang Pocol-Surabaya Pasar Turi masuk Stasiun Tegowanu melintas. Selanjutnya, di perlintasan jalur jalan sebidang jalur kereta api di JPL 17 KM 14 +2/3 jalur hulu antara Stasiun Brumbung-Tegowanu dilakulan pergantian rel.

Perbaikan jalur rel bagian hulu ini, sebagaimana dipublikasikan laman aneka berita Okezone.com, Selasa (20/3/2018), terdiri atas pergantian rel sepanjang 25 m spoor, pergantian bantalan rel 29 buah dan perbaikan kultur jalan raya selebar 17 m dengan luas cakupan 51 m2. Pekerjaan ini akan melibatkan 25 petugas proyek.

Sebagai dampak pekerjaan perbaikan ini, maka akan dilakukan penutupan jalan raya di pelintasan PJL 17 (Ganefo) selama satu jam mulai pukul 08.30 WIB sampai 09.30 WIB. Sementara penutupan jalur rel kereta api bagian hulu selama dua jam mulai pukul 08.30 WIB sampai 10.30 WIB.

Advertisement

“Kepada para pengguna jalan raya yang melintas di kawasan ini, kami mohon harap maklum, dan dipersilakan menggunakan jalur jalan raya alternatif yang telah disiapkan oleh pihak Polsek Mrangen,” jelas Manager Humas PT KAI Daops IV Semarang, Suprapto, Selasa.

Polisi telah menyiapkan jalur alternatif bagi pengendara roda dua dan empat. Kendaraan sepeda motor atau mobil kecil dari arah timur (Purwodadi) bisa melintasi RRI Kuripan ke selatan – Wonosekar – ke barat Sumberejo – Kangkung – pertigaan Kauman Mranggen arah ke Semarang. “Kalau dari arah barat [Semarang] bisa melintas dari Pasar Sepeda Mranggen ke utara-perempatan Pasar Waru ke kanan-pertigaan Tumpi ke kanan – perempatan Pasar Karangawen arah Purwodadi,” tambahnya.

Selain itu juga disiapkan rekayasa lalu lintas untuk kendaraan besar berupa truk tronton, bus besar, truk muatan barang. Dari arah barat (Semarang) yakni pertigaan Pedurungan ke kiri – Bangetayu – pertigaan Genuk arah pantura Demak. Sementara dari arah timur (Purwodadi) yaitu pertigaan Godong Purwodadi-Dempet-masuk jalur lingkar pantura Demak.

Advertisement

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif