Jogja
Rabu, 21 Maret 2018 - 09:40 WIB

Ini Jurus Pemkab Gunungkidul Melawan Makelar Tanah

Redaksi Solopos.com  /  Bhekti Suryani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pemkab akan siapkan land banking untuk investor.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul akan menyiapkan land banking untuk keperluan para investor dan mengantisipasi oknum warga yang menjual tanah dengan harga yang tidak masuk akal.

Advertisement

Staff Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Gunungkidul, Krisna Berlian mengatakan penyediaan lahan tersebut untuk mendukung kemajuan pariwisata di Gunungkidul, karena kendala yang sering dihadapi yaitu penyediaan tanah.

“Untuk mengatasi oknum-oknum warga sekitar tempat pariwisata mempermainkan harga tanah kami dalam rapat tadi akan mengantisipasi dengan program land banking. Garis besar land banking adalah nantinya pemerintah daerah akan menyediakan tanah untuk investor bisa dengan sewa atau menjualnya,” tuturnya setelah Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2019, di Bangsal Sewokoprojo, Selasa (20/3/2018).

Baca juga : Harga Tanah di Kulonprogo Gila-Gilaan, Warga Lokal Sendiri yang Bakal Rugi

Advertisement

Menurutnya oknum yang mempermainkan harga tanah akan menyulitkan investor yang akan masuk ke daerah-daerah wisata di Kabupaten Gunungkidul.

Selain itu dia berharap dalam pengembangan perekonomian masyarakat di sektor pariwisata perlu peran atau integrasi dengan OPD terkait untuk turut mengembangkan kepariwisataan.

Dia mencontohkan integrasi itu antara Dinas Pertanian dan Pangan, dengan Dinas Pariwisata . “Contoh kasus dari Pertanian dan Pangan jadi ceriping atau tapai dikemas dan menjadi oleh-oleh atau daya tarik khas, namun penyediaan bahan bakunya harus ada terus,” ujarnya.

Advertisement

Dia juga mengatakan dalam rapat mendapatkan masukan untuk memberikan hadiah atau penghargaan kepada kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang mampu mengelola tempat wisata dengan baik.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif