News
Selasa, 20 Maret 2018 - 15:40 WIB

Luhut Ancam Buka Dosa Amien Rais, Begini Pembelaan PAN

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Amien Rais bertemu Rizieq Shihab di Mekkah. (Istimewa)

PAN membela Amien Rais yang membuat Luhut Pandjaitan emosional mengancam akan membuka dosa Amien Rais.

Solopos.com, JAKARTA — Pernyataan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan yang menyebutkan Amien Rais memiliki banyak dosa dan asal kritik mulai menjadi polemik. Hal ini gara-gara ucapan Amien yang menuduh program pembagian sertifikat gratis sebagai pengibulan.

Advertisement

Wakil Ketua Umum DPP PAN Taufik Kurniawan menyesalkan pernyataan Luhut tersebut yang dinilainya terlalu reaktif. Menurutnya, Amien Rais merupakan tokoh bangsa yang kerap mengkritik pemerintahan karena menurutnya untuk kebaikan bangsa dan negara.

“Jadi kalau pak Amien Rais menyampaikan kritikan yang tajam, itu dari dulu emang Pak Amien karakternya. Jangankan sekarang, Orde Baru aja tumbang, kritikan pak Amien untuk konstitusi kita,” kata Taufik di Kompleks Parlemen, Selasa (20/3/2018).

Untuk itu, Taufik meminta agar pemerintahan Presiden Joko Widodo, terutama Luhut Panjaitan tidak reaktif, apalagi hingga mengancam. Baca juga: Amien Rais Sebut Pembela PKI & LGBT Keluar Sarang, Siapa?

Advertisement

“Kalau dibuka dosa-dosanya, kan kita sesama manusia biasa, bagaimana sesama manusia buka dosa orang,” ujar Wakil Ketua DPR itu.

“Pak Amien kan udah jadi tokoh bangsa, milik masyarakat, jadi anggaplah kritikan itu sebagai cambuk bahwa pemerintah siapapun, tidak hanya Pak Jokowi aja, beliau udah sejak zaman Gus Dur, Bu Mega, Pak SBY, Pak Jokowi, hal-hal yang kemudian diingatkan dalam konteks konstitusional selalu diingatkan,” ujarnya.

Sebelumnya, Luhut dibuat marah oleh pernyataan mantan Ketua MPR Amien Rais. Amien menyebut program bagi-bagi sertifikat gratis kepada warga merupakan pengibulan. Baca juga: Amien Rais Peringatkan Jokowi Tak Ganggu Kepulangan Rizieq Shihab.

Advertisement

“Jangan asal kritik aja. Entar kalau kau jadi pejabat, saya tahu track record-nya kok. Background saya spion juga. Kalau kau ngerasa paling bersih, kau boleh ngomong,” kata Luhut di gedung BPK kemarin.

Luhut kemudian meminta Amien untuk melihat ke depan. Namun, jika pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) tetap terus melontarkan pernyataan, maka Luhut siap membuka dosa tokoh reformasi tersebut.

“Dosamu banyak juga kok. Sudahlah diam saja lah. Yang lalu, lalu, kita lihat ke depan. Tetapi, jangan main-main, kita juga bisa cari dosamu kok. Memang kau siapa?” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif