Jatim
Senin, 19 Maret 2018 - 03:05 WIB

Seru! Petani Magetan Balapan Traktor Perebutkan Hadiah Kambing

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Peserta memacu traktor saat mengikuti lomba balap traktor sawah di Desa Jajar, Kartoharjo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Sabtu (17/3/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Siswowidodo)

Lomba balap traktor Magetan dilaksanakan sin

Madiunpos.com, MAGETAN — Belasan petani mengikuti lomba balap traktor sawah di lahan persawahan Desa Jajar, Kecamatan Kartoharjo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Sabtu (17/3/2018).

Advertisement

Lomba balap traktor sawah yang digelar sebuah perusahaan produsen bibit, pupuk, serta pelindung tanaman tersebut dimaksudkan untuk mengekspresikan rasa syukur petani atas hasil panen padi.

“Kegiatan lomba balap traktor ini merupakan ungkapan rasa syukur petani dengan hasil panen padinya yang baik. Diharapkan hasil panen selanjutnya lebih baik lagi,” ujar panitia penyelenggara, Tutut Cahyono.

Pelaksanaan lomba balap traktor sawah sengaja dipilih waktu jeda setelah panen padi dan menjelang musim tanam berikutnya.

Advertisement

“Pelaksanaannya sengaja kita pilih masa setelah panen dan menjelang tanam. Pada kesempatan ini kami memberikan edukasi kepada petani tentang bagaimana mengurangi keasaman tanah, dan meningkatkan kesuburan tanah,” kata dia.

Lomba balap traktor yang diikuti 16 orang pekerja bajak digelar kali pertama di Kabupaten Magetan tersebut ditonton ratusan warga. Mereka memadati jalan dan pematang sawah. Panitia menyediakan hadiah seekor kambing dan peralatan pertanian.

Melihat antusiasme warga mengikuti dan menonton lomba balap traktor sawah tersebut, Tutut merencanakan akan menggelar acara seperti itu lagi dengan lebih meriah.

Advertisement

“Antusiasme masyarakat sangat bagus, baik dari petani maupun pejabatnya. Insyaallah acara ini akan kita laksanakan lebih meriah setiap tahun dua kali. Bulan Februari atau Maret dan Agustus,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif