Jateng
Senin, 19 Maret 2018 - 22:50 WIB

KAMPUS DI SEMARANG : Unika Kembali Gelar Robovaganza, Ini Inovasi Terbarunya...

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panitia Unika RNC 2018 saat menggelar jumpa pers di kampus Unika Soegijapranata, Semarang, Senin (19/3/2018). (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Kampus Unika Soegijapranata Semarang kembali menggelar kompetisi Robovaganza.

Semarangpos.com, SEMARANG – Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang kembali menggelar kontes robot, Robovaganza National Competition (RNC). Kontes yang digelar rutin setiap tahunnya sejak 2005 itu kali ini digelar di kampus Unika Soegijapranata, Semarang, Sabtu – Minggu (24-25/3/2018).

Advertisement

Ketua Panitia RNC 2018, Ivanles Putra, mengatakan dalam kompetisi Robovaganza kali ini pihaknya melakukan sederet inovasi. Salah satu inovasinya adalah dengan digelarnya nomor Android Robo Car Competition.

“Nomor Android Robo Car Competition ini baru yang kali pertama kami gelar. Jadi, tidak dilombakan hanya sebatas ekshibisi,” ujar Ivanles saat dijumpai Semarangpos.com di kampus Unika, Semarang, Senin (19/3/2018).

Total ada empat nomor yang digelar dalam RNC 2018. Selain Android Robo Car Competition, kompetisi itu juga memperlombakan Electricity Moto Contes, Robo Line Follower, dan Olimpiade Matematika-Fisika.

Advertisement

“Untuk Robo Line Follower masih sama seperti tahun sebelumnya, digelar dengan menggunakan sistem analog. Ini untuk memudahkan peserta dari kalangan siswa SD yang masih familiar dengan sistem analog,” ujar panitia lainnya, Nelson Roberto.

Nelson menyebutkan perbedaan antara Robo Line Follower dengan Android Robo Car, terletak pada pengoperasiannya. Jika Robo Line Follower digelar dengan mesin otomatis, maka Android Robo Car menggunakan alat bantu berupa smartphone.

“Untuk menggerakan Android Robo Car harus melalui aplikasi Android yang dihubungkan dengan robotnya melalui bluetooth,” ujar Nelson.

Advertisement

Sementara itu, Ivan menambahkan untuk kompetisi RNC 2018 pihaknya menargetkan peserta lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Hal itu dikarenakan RNC kali ini levelnya lebih tinggi, yakni bertaraf nasional.

“Kalau tahun-tahun sebelumnya, kompetisi levelnya Jawa-Bali kali ini tarafnya kami naikan menjadi nasional dengan total hadiah mencapai Rp13 juta,” ujar Ivan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif