News
Senin, 19 Maret 2018 - 00:50 WIB

CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI : 19 Maret 1995, Nike Ardilla Tewas

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Raden Rara Nike Ratnadilla Kusnadi alias Nike Ardilla. (Wikimedia.org)

Catatan peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah dari beragam belahan dunia dari tahun ke tahun pada 19 Maret disajikan dalam tulisan ini.

Semarangpos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di seluruh penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 19 Maret. Tewasnya Nike Ardilla merupakan salah satu peristiwa yang patut dikenang pada 19 Maret.

Advertisement

Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting yang Semarangpos.com rangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 19 Maret.

1916
Pasukan Amerika Serikat (AS) untuk kali pertama menggunakan pesawat tempur dalam sebuah pertempuran. Delapan pesawat tempur dikerahkan AS untuk melindungi 7.000 tentaranya yang menginvasi Meksiko dengan alasan mencari seorang revolusioner Meksiko bernama Pancho VIlla.

Advertisement

1916
Pasukan Amerika Serikat (AS) untuk kali pertama menggunakan pesawat tempur dalam sebuah pertempuran. Delapan pesawat tempur dikerahkan AS untuk melindungi 7.000 tentaranya yang menginvasi Meksiko dengan alasan mencari seorang revolusioner Meksiko bernama Pancho VIlla.

1921
Lebih dari 1.300 tentara Inggris mengepung wilayah Crossbarry, Cork, Irlandia demi mengalahkan pasukan Irish Republican Army (IRA) atau Tentara Republik Irlandia yang hanya berjumlah ratusan tentara. Persitiwa itu merupakan salah satu pertempuran terbesar dalam Perang Kemerdekaan Irlandia.

1932
Jembatan Sydney Harbour Bridge di Sidney, Australia resmi dibuka. Kala itu, Sydney Harbour Bridge menjadi jembatan terpanjang keempat di dunia dengan panjang 1.149 meter.

Advertisement

1945
Pasukan Jepang menyerang kapal induk milik Amerika Serikat (AS), USS Franklin, di perairan Jepang. Peristiwa itu menewaskan sekitar 800 orang di kapal tersebut.

1953
Untuk kali pertama, Academy Awards atau Piala Oscars ditayangkan di televisi dan dipandu Bob Hope. Sebelumnya, Piala Oscars hanya disiarkan melalui radio.

Bob Dylan. (Rollingstone.com)

Advertisement

1962
Bob Dylan meluncurkan album pertamanya yang bertajuk sama dengan namanya, Bob Dylan. Bob Dylan kemudian dianggap sebagai salah satu musisi asal Amerika Serikat (AS) yang memiliki pengaruh besar di kancah musik dunia. Kini di usia 76 tahun, Bob Dylan masih aktif sebagai musisi.

1970
Untuk kali pertama sepanjang sejarah, para petinggi negara Jerman Timur dan Jerman Barat menggelar sebuah pertemuan. Sebelumnya, kedua negara tersebut tak pernah menggelar pertemuan sejak Jerman terpecah menjadi dua bagian pada 1949 menyusul kekalahan yang dialami pada Perang Dunia II.

Kolo Habib Toure. (Skysports.com)

Advertisement

1981
Kolo Habib Toure lahir di Bouake, Pantai Gading. Kini, ia dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah merumput di tiga klub sepak bola besar di Inggris, yakni Arsenal, Manchester City, dan Liverpool. Kini, Kolo Toure bermain untuk klub sepak bola di Skotlandia, Celtic F.C.

1995
Raden Rara Nike Ratnadilla Kusnadi atau yang lebih dikenal sebagai Nike Ardilla tewas pada usia yang masih muda, 19 tahun, dalam kecelakaan mobil di Bandung, Jawa Barat (Jabar). Semasa hidupnya, Nike Ardilla dikenal luas sebagai penyanyu, aktris, sekaligus model ternama di Indonesia.

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 18 Maret
KLIK DI SINI
untuk Catatan Peristiwa Dunia, 17 Maret
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 16 Mare

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif