Teknologi
Minggu, 18 Maret 2018 - 15:45 WIB

Whatsapp Dilarang Bagikan Data Pengguna ke Facebook

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi aplikasi Whatsapp (The Telegraph)

ICO melarang Whatsapp untuk membagikan data pengguna kepada perusahaan induknya, Facebook.

Solopos.com, LONDON – Lembaga Inggris, Information Commissioner’s Office (ICO), telah mencapai kesepakatan dengan Facebook dan Whatsapp terkait perlindungan data.

Advertisement

Dilansir Suara.com mengutip Tech Crunch, Minggu (18/3/2018), dengan kesepakatan tersebut, ICO melarang Whatsapp untuk membagikan data pengguna kepada perusahaan induknya, Facebook, sampai mereka dapat comply dengan Peraturan Perlindungan Data Umum (GDPR).

GDPR adalah peraturan perlindungan data yang pada dasarnya memberi setiap individu hak lebih dalam mengelola data di dunia digital. Peraturan ini berlaku di seluruh Uni Eropa.

Komisaris ICO Elizabeth Denham menyebutkan, lembaganya tidak akan memberikan data kepada Whatsapp. Sebab, Whatsapp sudah menunjukkan itikad dengan baik dengan ICO. “Whatsapp telah meyakinkan kami bahwa tidak ada data pengguna Inggris yang pernah dibagikan dengan Facebook,” katanya.

Advertisement

Sebagai gambaran, investigasi ICO terhadap Whatsapp sudah dimulai sejak 2016. Investigasi itu didorong oleh update Whatsapp yang berisikan rencana untuk membagikan data pengguna ke Facebook.

Selama penyelidikan, Denham menemukan beberapa isu soal perlidungan data di Whatsapp. Salah satunya mengenai kegagalan Whatsapp untuk berbagai informasi ke pengguna soal perlindungan data. “Whatsapp belum mengidentifikasi dasar hukum yang sah untuk berbagi data pribadi semacam itu,” tulisnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif