News
Minggu, 18 Maret 2018 - 19:41 WIB

Novita Eks-Teller BRI Solo Diduga Bangkrut Sebelum Kasus Terungkap

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rumah Novita Herawati di kompleks Perumahan Pondok Indah Klegen, Malangjiwan, Colomadu, Karanganyar, sepi. Foto diambil Jumat (17/3/2018). (Iskandar/JIBI/Solopos)

Novita Herawati, eks-teller BRI Solo yang tersangkut kasus

Solopos.com, KARANGANYAR — Kasus yang membelit Novita Herawati, eks-teller Bank BRI Cabang Slamet Riyadi, Solo, tak banyak diketahui warga di sekitar tempat tinggalnya. Namun warga setempat tahu pasti, usaha Novita kini sudah macet dan tempat usahanya sudah tertutup rapat.

Advertisement

Novita diketahui memiliki usaha penjualan minuman ringan. Selain mobilnya, beberapa bulan lalu usaha minuman ringan yang ditekuninya diduga macet karena gudang minuman di dekat rumahnya selalu tertutup. Adi, tetangga Novita, ketika ditemui Solopos.com di Colomadu, Jumat (16/3/2018), mengatakan gudang di seberang kompleks perumahan itu sudah beberapa bulan tak beroperasi.

Pintu gudang yang semula selalu buka setiap hari karena digunakan untuk banyak aktivitas, saat ini tertutup rapat. Baca juga: Eks Teller BRI Tilap Bantuan Siswa Miskin demi Gaya Hidup Mewah.

Kepala Desa Malangjiwan, Parjoko, juga mengatakan beberapa hari lalu ada orang yang mengaku petugas dari Kejaksaan Negeri Solo menanyakan status domisili Novita. Selain itu petugas juga menanyakan harta berupa tanah milik Novita yang kemungkinan ada di Malangjiwan.

Advertisement

“Untuk status memamg benar bahwa Bu Novita terdaftar sebagai warga Malangjiwan. Tapi kalau untuk tanah yang dimiliki di Malangjiwan saya tidak tahu,” papar Parjoko.

Begitu pula dengan Tarman, petugas keamanan Perumahan Pondok Indah di Dusun Klegen, Malangjiwan, Colomadu, Karangayar, yang mengaku ditanya petugas beberapa hari lalu tentang keberadaan Novita di perumahan itu. Namun soal kasus yang membelit Novita, Tarman mengaku tak tahu.

Karena itu dia menjawab hal yang diketahuinya. “Saya menjawab apa adanya tidak saya tambah-tambahi dan juga tidak saya kurangi. Saya menjawab apa adanya,” ujar dia. Baca juga: Kasus Terbongkar, Mobil Mewah Novita Eks-Teller BRI Solo Menghilang.

Advertisement

Terkait situasi keluarga Novita, Tarman mengungkapkan untuk keperluan sehari-hari anak Novita hanya menggunakan kendaraan roda dua. Pasalnya, sudah tidak ada lagi mobil di rumah itu.

“Setahu saya putra Bu Novi ada tiga. Yang paling besar sekolah di SMA dan yang lainnya masih di SD. Sehari-hari mereka di rumah ini kalau tidak keliru dengan budenya. Sebab ayah anak-anak itu bekerja di luar kota,” ujar Tarman ketika ditemui di perumahan tersebut.

Novita Herawati, 45, diduga nekat menilap uang bantuan siswa miskin lewat Program Indonesia Pintar (PIP) dari Kementerian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) 2016 senilai Rp725,5 juta untuk memenuhi gaya hidupnya yang mewah.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif