News
Sabtu, 17 Maret 2018 - 16:00 WIB

Xi Jinping Kembali Terpilih Jadi Presiden Tiongkok

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Tiongkok Xi Jinping (csmonitor.com)

Xi Jinping kembali terpilih menjadi Presiden China.

Solopos.com, BEIJING – Xi Jinping kembali terpilih secara mutlak menjadi Presiden Tiongkok dalam sidang parlemen (NPC) di Beijing, Sabtu (17/3/2018).

Advertisement

Sekretaris Jenderal Partai Komunis China itu juga meraih kemenangan mutlak untuk mengepalai Komisi Militer Pusat (CMC) Republik Rakyat China.

Pada Oktober 2018 sebagaimana dilansir Antara, Sabtu, Xi terpilih sebagai Sekjen PKC dalam kongres nasional ke-19 partai yang berkuasa di daratan Tiongkok itu.

Politikus kelahiran Beijing pada 15 Juni 1953 itu tergabung dalam jajaran pemimpin Komite Pengarah Biro Politik Pusat PKC pada 2007.

Advertisement

Dia terpilih sebagai Sekjen PKC yang merupakan orang pertama di tubuh partai tersebut pada akhir 2012 dan terpilih sebagai Presiden China sekaligus Ketua CMC pada 2013 untuk menggantikan Presiden Hu Jintao.

Xi juga pernah menjabat Wakil Presiden China pada periode 2008-2013 mendampingi Presiden Hu Jintao.

Hingga berita ini diturunkan Xi mengantongi 2.970 suara secara bulat tanpa ada satu pun suara tidak setuju atau abstain.

Advertisement

Sebelumnya NPC juga telah menyetujui amandemen Undang-Undang China yang di dalamnya terdapat persetujuan tentang penghapusan masa jabatan presiden dan wakil presiden yang sebelumnya hanya dua periode dan masing-masing periode selama lima tahun.

Namun amandemen undang-undang tersebut tidak diputuskan secara bulat karena ada dua suara menentang, tiga abstain, dan satu suara tidak sah.

NPC dalam sidang sebelumnya juga menyetujui perombakan kabinet secara besar-besaran yang diusulkan oleh Dewan Pemerintahan sehingga berkurang tujuh hingga delapan kementerian atau lembaga setingkat kementerian.

Advertisement
Kata Kunci : Presiden China Xi Jinping
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif