Jogja
Kamis, 15 Maret 2018 - 22:55 WIB

Pemkab Gunungkidul Yakin Sadeng Akan Jadi Sentra Ikan DIY

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Dua orang nelayan sedang memikul ikan di TPI Sadeng, Girisubo beberapa waktu lalu. (Harian Jogja/David Kurniawan)

Keyakinan ini tidak lepas dari pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) yang melintas di sepanjang pesisir Gunungkidul

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Pemerintah Kabupaten optimistis Pelabuhan Sadeng di Kecamatan Girisubo bisa menjadi sentra ikan di wilayah DIY. Keyakinan ini tidak lepas dari pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) yang melintas di sepanjang pesisir Gunungkidul.

Advertisement

Sekretaris Daerah Gunungkidul Drajad Ruswandono mengatakan, pembangunan JJLS akan memberikan dampak signifikan terhadap perkembangan ekonomi di wilayah pesisir. Dapak ini juga akan dirasakan oleh para nelayan yang ada di Pelabuhan Sadeng, Girisubo.

Menurut dia, dengan JJLS maka mobilitas dalam pendistribusian hasil laut akan lebih mudah. Dampak ini pun dapat dirasakan nelayan karena pemasaran akan lebih mudah. “Ya harapannya dengan akses yang mudah maka kesejahteraan nelayan bisa meningkat,” kata Drajad kepada wartawan, Kamis (15/3/2018).

Dia menjelaskan, untuk saat ini dampak pembangunan JJLS belum bisa dirasakan karena prosesnya masih terus berjalan. Saat jalan itu sudah terhubung dari Jawa Timur, DIY hingga Jawa Barat maka dampaknya akan mulai terasa.

Advertisement

Ia mengatakan, potensi Sadeng dapat terus dikembangkan seiring dibangunnya JJLS. Terlebih lagi, kata dia, selain letak yang makin strategis [dengan keberadan JJLS], pelabuhan ini memiliki lokasi yang representatif ketimbang pelabuhan lain di wilayah DIY.

“Dari sisi lokasi karang-karang di sekitar pelabuhan bisa menjadi pemecah ombak alami sehingga dapat mempermudah keluar masuk kapal,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif