Jogja
Kamis, 15 Maret 2018 - 08:20 WIB

Halal Tourism Bakal Dirintis di Jogja

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Masjid Kotagede, peninggalan Kraton Kotagede (JIBI/Harian Jogja/Switzy Sabandar)

Jogja sangat siap untuk dapat dikemas paket-paket wisata halal

Harianjogja.com, JOGJA-Wisata halal sudah mulai dilirik pelaku-pelaku wisata di Indonesia. Kendati dinilai siap untuk menggarap wisata halal (halal tourism), namun terpenting mesti mencarikan pasar yang tepat bagi Jogja terkait paket wisata tersebut.

Advertisement

Ketua Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) DIY,  Udhi Sudiyanto menilai Jogja sangat siap untuk dapat dikemas paket-paket wisata halal.

“Akan tetapi harus ada informasi yang jelas dari pemerintah seperti apa konsep halal tourism ini,” ujar Udhi ditemui di Hotel Dafam Rohan, Rabu (14/3/2018).

Udhi menilai sebagai destinasi utama di Indonesia, dari segi makanan atau kuliner untuk konsep tersebut, Jogja sudah sangat siap. Akan tetapi, kata Udhi, konsep halal tourism ini haruslah dipahami secara umum. Salah satunya terkait dengan ketersediaan tempat ibadah di tempat-tempat wisata.

Advertisement

“Harus ada tempat ibadahnya, tempat wudhu juga harus tersedia dengan baik. Secara teknisnya, Asita mengarahkan ke hal-hal tersebut,” papar Udhi.

Selain itu, terkait dengan higienitas tempat-tempat wisata. Pengelolaan sampah dan sanitasi yang baik juga harus dipikirkan. Karena, kata Udhi, intinya konsep halal tourism itu menghadirkan tempat wisata yang bersih agar nyaman dikunjungi.

“Namun, masalahnya sekarang ini adalah mencarikan market yang pas untuk Jogja. Karena untuk objek [wisata] yang ada di Jogja, kami tidak akan membatasi itu,” imbuh Udhi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif