Sport
Rabu, 14 Maret 2018 - 07:25 WIB

LIGA CHAMPIONS : Barcelona Vs Chelsea: Drama Lagi?

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Chelsea vs FC Barcelona (JIBI/REUTERS/David Klein)

Liga Champions akan menyajikan duel Barcelona vs Chelsea.

Solopos.com, BARCELONA – Barcelona belum merasa tenang meski mereka membawa modal gol tandang ketika menjamu Chelsea pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Camp Nou, Barcelona, Kamis (15/3/2018) pukul 02.45 WIB.

Advertisement

Ya, hasil 1-1 pada leg pertama di markas Chelsea lalu sebenarnya menjadi modal lumayan bagus bagi raksasa Catalan. Sebab, Lionel Messi dkk. hanya memerlukan hasil imbang tanpa gol untuk lolos ke perempat final pada leg kedua nanti.

Itu akan menjadi perempatfinal kali ke-11 milik Barcelona secara beruntun di turnamen antarklub paling elite di Eropa ini. Tapi, mustahil bagi Barcelona memilih bermain bertahan dan mengejar skor 0-0 di Cam Nou. Itu seperti akan menyalahi harga diri mereka sebagai tim yang menjunjung permainan indah ala tiki-taka.

Dengan karakter permainan Barca yang superofensif maka apa pun masih bisa terjadi di Camp Nou nanti. Masalahnya, bagaimana cara raksasa Catalan membongkar pertahanan Chelsea yang kukuh? Meski diperkuat sederet pemain ofensif kelas dunia, seperti Lionel Messi, Luis Suarez, dan Andres Iniesta, Barca kesusahan menerobos kotak pertahanan The Blues, julukan Chelsea, pada leg pertama lalu.

Advertisement

“Chelsea? Ini akan kembali menjadi laga berat melawan mereka, seperti pada leg pertama, karena mereka tim dengan pertahanan yang sangat bagus dan tangguh dalam melakukan serangan balik. Kami harys menderita jika kami ingin lolos, tapi kami punya pengalaman,” jelas Valverde, seperti dilansir Squawka.com, Selasa (13/3/2018).

Barca memang memiliki pengalaman lolos ke babak berikutnya setelah mereka hanya bermain imbang 1-1 pada leg pertama di fase knock-out Liga Champios. Los Blaugrana, julukan Barcelona, menang 5-2 atas Lyon pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2008/2009 dan menjungkalkan Stuttgart 4-0 pada leg kedua babak 16 besar 2009/2010. Namun, mereka juga pernah menelan kekalahan 1-2 dari Juventus pada leg kedua setelah tertahan 1-1 pada leg pertama pada perempat final 2002/2003.

Dalam duel terbaru di Camp Nou, Barca secara dramatis ditahan Chelsea 2-2 pada leg kedua semifinal Liga Champions 2011/2012. Laga itu diwarnai dengan kegagalan megabintang Barca, Lionel Messi, mencetak gol dari titik penalti dan kartu merah kapten Chelsea, John Terry.

Advertisement

Barca sebenarnya memiliki peluang membalikkan keadaan setelah mereka kalah 0-1 pada leg pertama di Stamford Bridge. Sebab mereka sempat unggul 2-0 lewat gol Sergio Busquest dan Andreas Iniesta. Namun Chelsea yang bermain 10 orang, karena kartu merah Terry, bisa menyamakan kedudukan menjadi 2-2, salah satunya lewat gol telat Fernando Torres.

Barca memerlukan skuat utama mereka untuk menghindari drama saat berjumpa dengan Chelsea. Iniesta yang sempat cedera dikabarkan sudah kembali berlatih. Messi yang absen setelah menunggu istrinya melahirkan anak ketiganya pun tidak akan melewatkan duel krusial ini. Bahkan, bek Sergi Roberto yang kurang bugar setelah laga melawan Malaga menyatakan siap menahan rasa sakit saat melawan Chelsea.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif