Otomotif
Senin, 12 Maret 2018 - 01:00 WIB

Google Uji Coba Truk Semi Otonom

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Truk semi-otonom Waymo (Istimewa/Theverge)

Truk-truk tersebut sebelumnya telah diuji di Arizona dan California.

Solopos.com, NEW YORK – Google memalui anak usahanya yang bergerak di bidang industri otomotif, Waymo, bakal menguji truk semi otonomnya pekan depan.

Advertisement

Dilansir Carscoops, Sabtu (10/3/2018), truk tersebut bakal diuji di jalan sekitar Atlanta, Georgia. Tesnya dilakukan dengan mengangkut sejumlah peralatan pusat data Google di Douglas County.

Waymo menyatakan Atlanta adalah tempat yang tepat untuk menguji model truk itu karena kota tersebut merupakan salah satu pusat logistik terbesar di negara Georgia.

“Kota ini juga merupakan rumah bagi operasi logistik Google dan Waymo menyatakan bahwa ini membuat Atlanta menjadi lingkungan yang sempurna sebagai tempat menguji,” demikian kata Waymo.

Advertisement

Truk-truk tersebut sebelumnya telah diuji di Arizona dan California, dan Waymo menyatakan perangkat lunak kendaraan semi otomomnya itu belajar mengemudi dengan cara yang sama seperti yang dilakukan manusia.

Dijelaskan perusahaan otomotif tersebut, prinsip dasarnya sama saja. Namun mengemudi semi otonom lebih sulit karena pengereman, radius balik, dan titik buta benar-benar berbeda dari pada mobil penumpang biasa.

Namun itu tidak menjadi masalah karena teknologi Waymo mudah beradaptasi, dan truk penggerak sendiri ini menggunakan rangkaian sensor yang sama dengan minivan perusahaan yang sepenuhnya otonom.

Advertisement

Tes terakhir di Atlanta sendiri diklaim akan membantu Waymo untuk “mengembangkan teknologi mobil semi otonom agar bisa mengintegrasikannya ke dalam operasi pengirim barang ke jaringan pabrik, pusat distribusi seperti pelabuhan dan terminal.

Advertisement
Kata Kunci : Google Mobil Otonom Waymo
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif