Soloraya
Senin, 12 Maret 2018 - 17:35 WIB

BENCANA KARANGANYAR : Tak Hanya Memutus Jalan Tasikmadu-Kebakkramat, Longsor Juga Terjadi di 5 Lokasi Ini

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kondisi jalan Tasikmadu-Kebakkramat, Karanganyar, Senin (11/3/2018). (Sri Sumi Handayani/JIBI/Solopos)

Tanah longsor terjadi di sejumlah lokasi di Kabupaten Karanganyar akibat hujan pada Minggu (11/3/2018).

Solopos.com, KARANGANYAR — Bencana alam tanah longsor akibat hujan pada Minggu (11/3/2018) sore hingga malam tak hanya memutus jalan penghubung Tasikmadu-Kebakkramat di Desa Kaling, Tasikmadu, Karanganyar. Longsor juga terjadi di lima lokasi lain dalam waktu hampir bersamaan.

Advertisement

Lima lokasi itu yakni Kerjo, Jumapolo, Jatiyoso, Jenawi, dan Tawangmangu. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, bencana alam tanah longsor di lima lokasi itu terjadi pada Minggu-Senin (11-12/3/2018). Longsor di Dusun Watutumpuk RT 002/RW 004, Desa Kadipiro, Jumapolo, pada Minggu pukul 20.00 WIB menimpa rumah Wagino, 63. Akibat kejadian itu tembok dapur sepanjang 4 meter dan tinggi 3 meter rusak.

Di Kampung Dawuhan RT 004/RW 004, Kelurahan Blumbang, Tawangmangu, Minggu pukul 23.30 WIB, longsor menimpa dapur dan kamar mandi rumah Sunarjo, 52, dan Pono, 60, yang ukuran 9 meter x 3 meter sehingga rusak karena tertimpa tebing belakang rumah setinggi 8 meter dan lebar 5 meter.

Advertisement

Pada waktu yang nyaris bersamaan, tanah longsor terjadi di Kerjo dan Jatiyoso. Tanah longsor terjadi di dua lokasi di Dukuh Bono, Desa Plosorejo, Kerjo, Minggu (11/3/2018) pukul 23.00 WIB. Tanah longsor menimpa tembok rumah dan dapur milik dua warga di lokasi berbeda, yakni milik Sutikno, 28, dan Tri Wahyuni, 42. (Baca: Jalan Kebakkramat-Tasikmadu Ambrol, Ini Imbauan Pemkab Karanganyar)

Di Jatiyoso, longsor terjadi di Desa Jatisawit dan Desa Jatiyoso. Dua rumah di Dusun Geneng, Desa Jatisawit, milik Sugino, 43, dan Resodikromo Sarimo, 60, rusak. Selain itu, satu rumah di Dusun Margorejo, Desa Jatiyoso, milik Rebo, 43, rusak. Rata-rata kerusakan pada bagian teras dan samping rumah.

Longsor masih terjadi pada Senin pukul 02.00 WIB. Tanah longsor terjadi di Dusun Jetis, RT 002/RW 001, Menjing, Jenawi, menyebabkan badan jalan berukuran 15 meter x 6 meter longsor.

Advertisement

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Hendro Prayitno, menuturkan anggota BPBD dibantu sukarelawan siaga bencana langsung datang ke lokasi bencana untuk memberikan pertolongan.

“Tanah longsor di sejumlah lokasi itu karena hujan deras mengguyur sejumlah lokasi di Karanganyar. Hujan deras berlangsung lama sejak sore hingga malam. Kami berharap warga tetap waspada. Seperti biasa, apabila hujan berjam-jam, silakan mengungsi ke rumah kerabat terdekat,” tutur dia saat dihubungi Solopos.com, Senin.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif