Sport
Sabtu, 10 Maret 2018 - 05:25 WIB

LIGA INGGRIS : Mourinho Susah Taklukkan Klopp

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Liga Inggris akan menyajikan duel Manchester United vs Liverpool.

Solopos.com, MANCHESTER — Siapakah pelatih yang paling sering menyakiti Jose Mourinho? Dia adalah Jurgen Klopp. Dalam karier manajerialnya, Mourinho menelan tiga kekalahan, empat kali imbang, dan hanya meraih satu kemenangan dalam delapan kali pertemuan kontra Klopp.

Advertisement

Catatan itu membuat Klopp memiliki rekor paling bagus secara head-to-head melawan Mourinho dibandingkan manajer lainnya. Lantas apakah Mourinho bisa memperbaiki rapornya melawan Klopp ketika Manchester United menjamu Liverpool di Stadion Old Trafford, Manchester, Sabtu (10/3/2018) pukul 19.30 WIB.

Menilik pertemuan terakhir kedua manajer, Mourinho berhasil membendung serangan Liverpool yang dikenal ganas dibesut Klopp. Saat itu, United mampu bermain imbang tanpa gol di Anfield, Oktober 2017. Dalam dua pertemuan sebelumnya, Mourinho besama United juga menahan imbang Liverpool masing-masing 0-0 di Anfield dan 1-1 di Old Trafford pada Liga Premier 2016/2017.

Kekalahan telak memang pernah dialami Mou, sapaan Mourinho. Namun ketika itu, pelatih asal Portugal itu masih menakhodai Chelsea dan Real Madrid. Saat bersama Chelsea, Mourinho takluk 1-3 dari Liverpool polesan Klopp. Lebih parah lagi, Mourinho menelan dua kekalahan, sekali imbang, dan hanya sekali menang dalam empat pertemuan melawan Dortmund besutan Klopp di Liga Champions.

Advertisement

Salah satu kekalahan telak bisa jadi masih membuat Mourinho trauma yakni saat Madrid dicukur 1-4 pada leg pertama semifinal Liga Champions di Signal Iduna Park, April 2013. Meski mampu membalas 2-0 pada leg kedua di Santiago Bernabeu, Madrid gagal lolos ke final karena kalah agregat 3-4.

Mourinho bisa saja kembali memainkan pola defensif dalam pertemuan kali kesembilan melawan  tim asuhan Klopp di Old Trafford nanti. Banyak yang mengkritik startegi pragmatis Mourinho di United. Maklum, karena Setan Merah, julukan United, memiliki tradisi sebagai tim ofensif di jagat sepak bola Inggris.

Meski demikian, para pemain United membela skema Mourinho. Romelu Lukaku dkk. menyebut strategi itu dengan sebutan “Mourinho’s way” atau “Highway”. “Ini sangat bagus. Saya pikir dia tahu saya punya mental seperti prajurit. Saya suka jadi prajuritnya di lapangan,” tegas Lukaku, seperti dilansir Independent.ie, Jumat (9/3/2018).

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif