Soloraya
Selasa, 6 Maret 2018 - 14:15 WIB

MUTASI PNS WONOGIRI: Tes Wawancara Seleksi Pejabat Wonogiri Dipadatkan

Redaksi Solopos.com  /  Farida Trisnaningtyas  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Asisten Administrasi Umum Setda Wonogiri, Teguh (kiri), menjalani tes pemaparan makalah dan wawancara di hadapan pansel di Graha Personalia Setda, Senin (5/3/2018). (Rudi Hartono/JIBI/SOLOPOS)

Tes wawancara eselon II Wonogiri dipadatkan.

Solopos.com, WONOGIRI—Panitia seleksi mutasi pejabat pimpinan tinggi pratama atau eselon II Wonogiri memadatkan jadwal tes pemaparan makalah dan wawancara dalam satu hari, Senin (5/3/2018). Keputusan itu diambil untuk mengakomodasi kepentingan para peserta seleksi yang juga harus bekerja.

Advertisement

Panitia menggelar tes pemaparan makalah dan wawancara di Graha Personalia Sekretariat Daerah. Pantauan Solopos.com, para kepala dinas/badan/asisten sekretaris desa itu menjalani tes satu per satu sesuai nomor urut. Pejabat yang belum dites mengantre di ruang lain. Seluruh anggota panitia seleksi yang terdiri atas lima orang menjadi penguji.

Mereka terdiri atas Anwar Hamdani sebagai ketua, Suharno yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) sebagai sekretaris, dan tiga anggota meliputi Wiyoso, Siti Fatonah, dan Tuhana. Mereka merupakan akademisi, praktisi, birokrat, dan tokoh masyarakat.

Anwar Hamdani mengatakan idealnya pemaparan makalah dan wawancara dilaksanakan dua hari. Namun, panitia memutuskan untuk memadatkannya menjadi satu hari agar tak mengganggu kerja para pejabat peserta seleksi. Panitia juga ingin tahapan seleksi segera rampung, sehingga bisa secepatnya menggelar tahapan selanjutnya, yakni pemeriksaan dokumen rekam jejak.

Advertisement

Apabila tahapan itu bisa segera digelar, pansel selanjutnya akan menggelar rapat pleno untuk menyusun rekomendasi bagi Bupati. Bupati selanjutnya melaporkan hasil seleksi kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Setelah itu KASN akan memberi rekomendasi untuk Bupati. Anwar menargetkan akhir Maret ini rekomendasi KASN sudah diterima Bupati. Setelah itu Bupati akan memutuskan akan memutasi atau tidak pejabat tertentu. (baca juga: Pejabat Eselon II di Wonogiri Bakal Dimutasi)

Atas pemadatan itu tes dilaksanakan hingga malam. Jadwal tes yang diperoleh Solopos.com, tes diikuti 23 pejabat eselon II. Tes dimulai pukul 07.30 WIB dan dijadwalkan selesai pukul 22.30 WIB. Masing-masing peserta dijatah 30 menit. Istirahat tiga kali, yakni pukul 12.00 WIB-12.05 WIB, pukul 15.15 WIB-15.30 WIB, dan pukul 17.45 WIB-18.30 WIB.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD), Haryono, menjadi peserta pertama dan Semedi Budi Wibowo peserta terakhir.

Advertisement

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Wonogiri, Sungkono, mengaku tak menemui kendala berarti saat menjalani tes, karena pemaparan menyangkut tupoksi yang setiap hari dijalani.

Dia berkomitmen akan menjalankan tugas sebaik mungkin jika dibutuhkan untuk memimpin OPD lain. Namun, jika boleh memilih dia ingin tetap mengabdikan diri di Disdukcapil. Sungkono merasa ada tugas yang masih harus diselesaikan untuk meningkatkan pelayanan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif