Sport
Selasa, 6 Maret 2018 - 00:25 WIB

LIGA INGGRIS : Periode Terburuk Wenger Sepanjang Kariernya

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Arsene Wenger (JIBI/Reuters/Carl Recine)

Liga Inggris menyajikan kekalahan Arsenal.

Solopos.com, BRIGHTON — Pasif, kelelahan dan rapuh. Tiga kata itu bisa menggambarkan kondisi Arsenal saat dipermalukan klub promosi, Brighton & Hove Albion, dengan skor 1-2 di Amex Stadium, Minggu (4/3/2018) malam WIB. Gestur Arsene Wenger yang lebih sering membetulkan jaket, mengernyitkan dahi hingga geleng-geleng kepala jelas menyiratkan ada masalah besar dalam tubuh The Gunners.

Advertisement

Pelatih yang menangani Arsenal sejak 1996 ini sampai mengakui dirinya berada dalam periode terburuk dalam karier sebagai manajer. Hasil melawan Brighton menjadi kekalahan keempat beruntun Arsenal di semua ajang. Kekalahan tersebut juga membuat Mesut Ozil dkk. kian mustahil menggapai tiket Liga Champions.

Saat ini Arsenal baru mengantongi 45 poin dari 29 pertandingan, tertinggal 13 poin dari Tottenham Hotspur di posisi keempat atau kursi terakhir menuju Liga Champions. “Ini pertama kali terjadi di sepanjang karier saya dan ini tidak mudah. Kami bermain pasif, kesulitan dengan kepercayaan diri dan kaki-kaki kami tampak berat,” ujar Wenger dilansir BBC, Minggu.

Kekalahan itu merupakan yang kedelapan di tahun 2018, dari 14 kali bermain di semua ajang. Mereka juga sudah kalah dalam empat pertandingan tandang terakhir di Liga Inggris. Catatan tersebut bahkan membawa The Gunners mengulangi catatan buruknya pada 1925 dengan kalah beruntun dalam empat laga tandang di kasta tertinggi kompetisi Inggris.

Advertisement

Empat kekalahan beruntun Arsenal di semua ajang juga merupakan yang terburuk sejak 2002. Meski terus dikungkung periode buruk, Wenger masih saja optimistis mengeluarkan tim dari keterpurukan. “Saya punya cukup pengalaman dan keinginan untuk mengubah keadaan,” cetus pelatih asal Prancis itu.

Seusai pertandingan, Pelatih Brighton, Chris Hughton, memberi dukungan moral pada Wenger. Eks Pelatih Newcastle United itu yakin Wenger mampu segera keluar dari momen buruk. Kekalahan itu memang memberi dampak cukup besar bagi Wenger.

Semakin banyak fans Arsenal yang mendesak sang pelatih mundur. Apalagi legenda Arsenal, Thierry Henry, disebut siap menangani tim jika dipercaya. “Saya mengenal dia [Wenger] dengan baik dan saya tahu betul ia pasti akan bangkit,” ujar Hughton.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif