Jogja
Selasa, 6 Maret 2018 - 16:55 WIB

Hujan Deras Gunungkidul Tak Hanya Sebabkan Longsor

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kondisi longsor di Dusun Mertelu, Mertelu, Gedangsari, Selasa (6/3/2018). (IST/Dok BPBD Gunungkidul)

Ada tujuh titik lain yang terjadi musibah

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Hujan deras yang mengguyur wilayah Gunungkidul pada Senin (5/3/2018) tidak hanya mengakibatkan longsor di Mertelu, Gedangsari. Namun, berdasarkan catatan dari BPBD ada tujuh titik lain yang terjadi musibah.

Advertisement

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul Sapto Wibowo mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan laporan tentang tanah longsor di Desa Mertelu. Untuk melihat kondisi kerusakan, ia mengaku sudah menerjunkan personel guna meninjau lokasi talut yang ambrol.

“Informasi yang kami terima, peristiwa terjadi pada Senin petang. Beruntung saat kejadian tidak ada yang melintas sehingga kondisinya tetap aman meski ada kerusakan,” kata Sapto, Selasa (6/3/2018).

Menurut dia, untuk perbaikan akan ada kerja bakti yang dilakukan oleh warga masyarakat, Rabu (7/3/2018) pagi. Guna memperlancar kegiatan tersebut, BPBD siap memberikan bantuan logistik. “Jangan dilihat jumlahnya, tapi mudah-mudahan apa yang diberikan dapat bermanfaat,” ungkapnya.

Advertisement

Baca juga : Longsor Mertelu, Jalan Antar Desa Nyaris Putus

Dijelaskan Sapto, hujan deras yang mengguyur wilayah Gunungkidul pada Senin lalu tidak hanya mengakibatkan longsor di Mertelu. Namun, berdasarkan catatan dari BPBD ada tujuh titik lain yang terjadi musibah mulai dari perahu dan motor hilang karena banjir, rumah terendam air hingga pohon tumbang yang menimpa rumah warga.

“Tujuh titik ini ada di wilayah Putat, Ngoro-Oro, dan Beji di Kecamatan Patuk. Selain itu, ada juga di Ngleri, Playen; Dusun Seropan, Bejiharjo, dan kejadian di wilayah Ngawen. Namun, dari sejumlah peristiwa itu, tidak sampai menimbulkan korban jiwa,” katanya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif