News
Minggu, 4 Maret 2018 - 05:00 WIB

Korea Utara Ancam Lakukan Serangan Siber Besar-besaran

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Korea Utara mengancam melakukan serangan siber besar-besaran.

Solopos.com, SOLO – Korea Utara (Korut) mengancam akan melakukan serangan siber secara besar-besaran. Bahkan negara pimpinan Kim Jong Un tersebut mengklaim serangan yang akan dilakukan melebihi yang dilancarkan Rusia.

Advertisement

Informasi tersebut dibocorkan oleh co-founder perusahaan keamanan informasi yang menyelidiki 2016 anggota Komite Nasional Demokratik. Dmitri Alperovitch dari Crowdstrike, mengatakan pada 2018, kekhawatiran terbesar adalah tentang Korea Utara.

Dmitri khawatir pihak Korut dapat melakukan serangan destruktif, mungkin melawan sektor keuangan, dalam upaya mencegah serangan AS potensial terhadap fasilitas nuklir mereka atau bahkan rezim itu sendiri.

“Terlepas dari apakah serangan militer benar-benar ada atau tidak, yang penting adalah apakah kemungkinan itu akan terjadi. Dan mengingat semua retorika selama setahun terakhir, tidak masuk akal jika mereka menganggap itu,” katanya sebagaimana dilansir Suara.com dari The Guardian, Sabtu (3/3/2018).

Advertisement

Baca:

Korea Utara telah terlibat dalam sejumlah serangan siber besar selama beberapa tahun terakhir, terutama terhadap Korea Selatan.

Seperti pada tahun 2017, ketika “kelompok Lazarus”, sebuah unit peretasan elit Korea Utara, diyakini telah menciptakan dan menggunakan ransomworm Wannacry. Malware menyebar dengan cepat, menurunkan sistem TI di seluruh dunia dan memaksa sejumlah kepercayaan NHS di Inggris ditutup sementara, sebelum dijinakkan oleh peneliti keamanan Inggris muda.

Advertisement

Selama tahun lalu, laporan tersebut mengatakan, volume dan intensitas serangan siber tidak hanya mencapai tingkat tertinggi baru, [namun] tingkat kecanggihan keseluruhan di seluruh lanskap ancaman global mengalami kenaikan signifikan.

Laporan tersebut menunjukkan di masa depan, bukan hanya negara-negara besar yang memiliki, alat peretasan yang paling merusak, teknologi yang dikembangkan oleh militer dunia pasti akan masuk ke tangan kelompok kriminal dan penyerang lainnya.

Pada 2018, laporan tersebut mengatakan, musuh cenderung terus melakukan aktivitas serangan siber melawan entitas di Korea Selatan, Jepang, dan Amerika Serikat. Akses jaringan melalui alat akses jarak jauh dapat digunakan untuk menyebarkan malware palsu.

“Penargetan khusus ini mungkin memiliki kemampuan yang dapat merusak infrastruktur penting AS, jika terjadi konflik militer,” tulis laporan tersebut.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif