Lifestyle
Sabtu, 3 Maret 2018 - 20:30 WIB

TAHUKAH ANDA? : Segudang Manfaat Kuaci Bagi Kesehatan

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kuaci biji bunga matahari (vegetarian.lovetoknow.com)

Kuaci biji bunga matahari memiliki segudang manfaat kesehatan bagi tubuh.

Solopos.com, SOLO – Kuaci bisa dibilang bukan cemilan baru, keberadaannya sudah ada sejak dulu. Memakai bahan baku biji buah atau bunga, kuaci tak hanya cemilan ringan untuk membunuh waktu. Kuaci memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Advertisement

Bahan baku kuaci biasanya biji semangka, biji waluh, atau biji bunga matahari. Bahan baku terakhir itu paling populer dan paling mudah ditemukan. Masing-masing bahan baku memiliki kandungan gizi masing-masing.

Dikutip Solopos.com dari globalhealingcenter.com, Sabtu (3/3/2018), ini lima manfaat kuaci biji bunga matahari:

Advertisement

Dikutip Solopos.com dari globalhealingcenter.com, Sabtu (3/3/2018), ini lima manfaat kuaci biji bunga matahari:

1. Memperlancar peredaran darah

Kuaci biji bunga matahari mengandung dua nutrisi yang menyehatkan peredaran darah atau kardiovaskular. Nutrisi tersebut antara lain vitamin E dan folat. Vitamin E menghasilkan antioksidan dan menurunkan risiko kematian karena gangguan kardiovaskular. Folat akan membantu metabolisme zat homocystein menjadi methionin yang bagus untuk kardiovaskular.

Advertisement

Kuaci biji bunga matahari mengandung fitosterol yang memiliki kandungan seperti kolesterol yang dibutuhkan tubuh.

3. Sumber magnesium

Kuaci biji bunga matahari merupakan sumber magnesium. Nutrisi tersebut berfungsi untuk memperlancar fungsi otot dan tulang. Dalam jangka panjang, tubuh yang magnesiumnya tercukupi bisa memperbaiki kesehatan pernapasan, jantung, dan meringankan sindrom PMS bagi perempuan.

Advertisement

4. Memicu perasaan senang

Bonus lainnya dari magnesium di kuaci biji bunga matahari adalah terciptanya perasaan senang atau good mood. Ratusan tahun lalu dikabarkan magnesium sulfat adalah salah satu obat untuk pasien depresi, kesuksesan magnesium untuk mengobati pasien depresi membuat senyawa tersebut kini dijadikan salah satu obat terapi penyakit mental.

5. Gudang selenium untuk antioksidan

Advertisement

Selenium adalah nutrisi lain yang dikandung kuaci biji bunga matahari di samping magnesium. Selenium merupakan antioksidan yang mampu mengurangi kulit memerah dan bengkak. Selenium juga membantu metabolisme hormon tiroid.

Dari semua manfaat di atas, Anda harus tetap menjaga kuantitas konsumsi kuaci. Apapun yang berlebihan pasti tak baik untuk tubuh. Pastikan kuaci yang Anda konsumsi berasal dari merek terpecaya dan aman.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif