News
Jumat, 2 Maret 2018 - 11:30 WIB

Diberi Sanksi, Korea Utara Siapkan Balasan untuk AS

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemimpin Tertinggi Korut, Kim Jong Un, saat peluncuran roket 24 April 2014. (JIBI/Reuters/Repro KCNA)

Korea Utara menyiapkan serangan balasan untuk AS yang telah memberikan sanksi sepihak.

Solopos.com, PYONGYANG – Korea Utara tak gentar dengan sanksi baru yang dijatuhkan Amerika Serikat (AS). Bahkan, negara pimpinan Kim Jong Un tersebut telah mempersiapkan balasan untuk tindakan AS.

Advertisement

Sanksi sepihak yang dikeluarkan Presiden AS Donald Trump terhadap Korut dan negara-negara terkait lainnya merupakan “pelanggaran yang sia-sia terhadap kedaulatan serta pelanggaran terbuka terhadap hukum internasional yang telah diakui secara universal,” kata direktur penelitian politik Lembaga Kajian Amerika pada Kementerian Luar Negeri Korut.

Komentar itu disampakan dalam pernyataan yang dimuat oleh media Korut, Korean Central News Agency (KCNA).

Baca juga:

Advertisement

Trump pada 23 Februari mengumumkan Amerika Serikat akan meluncurkan satu paket sanksi terhadap Korea Utara dengan mengincar 56 kapal, perusahaan pelayaran dan bisnis perdagangan.

“Sanksi-sanksi anti-Korea Utara itu serta tekanan oleh kelompok Trump bisa digambarkan sebagai “yang paling keras” pernah dilakukan dalam sejarah mengingat sifatnya yang ganas dan sangat konservatif,” bunyi pernyataan direktur tersebut.

Pada masa pemerintahan Presiden Barack Obama, Amerika Serikat mengumumkan 217 rancangan sanksi atas 28 peristiwa selama delapan tahun kepemimpinan Obama sementara pemerintahan Bush mengeluarkan 11 rancangan sanksi atas dua peristiwa selama ia menjalankan jabatan sebagai presiden AS selama delapan tahun.

Advertisement

“Sangat menyedihkan untuk melihat bahwa kelompok Trump secara meluap-luap berpegang teguh pada sanksi dan tekanan, masih bermimpi bahwa (sanksi-sanksi) terhadap kita itu akan berhasil,” demikian bunyi pernyataan tersebut.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif