News
Senin, 26 Februari 2018 - 00:50 WIB

CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI : 26 Februari 1993, Gedung WTC di AS Dibom

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kerusakan di Gedung WTC akibat bom, 26 Februari 1993. (Wikimedia.org)

Catatan peristiwa penting dan bersejarah dari tahun ke tahun pada 26 Februari dihimpun dalam tulisan berikut.

Semarangpos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 26 Februari. Pada 26 Februari 1993, serangan bom mendera gedung WTC di Amerika Serikat (AS).

Advertisement

Selain itu, terdapat beberapa peristiwa bersejarah yang patut dikenang pada 26 Februari. Berikut Semarangpos.com menghimpun peristiwa-peristiwa itu dari Wikipedia.org dan Thepeoplehistory.com.

1233
Pasukan Mongol berhasil menduduki pusat pemerintahan Dinasti Ji di Kota Kaifeng, Tiongkok. Keberhasilan itu diraih pasukan Mongol setelah melakukan pengepungan di kota tersebut selama berbulan-bulan.

Advertisement

1233
Pasukan Mongol berhasil menduduki pusat pemerintahan Dinasti Ji di Kota Kaifeng, Tiongkok. Keberhasilan itu diraih pasukan Mongol setelah melakukan pengepungan di kota tersebut selama berbulan-bulan.

1266
Pasukan Angevin yang dipimpin Charles dari Anjou berhasil mengalahkan pasukan Kerajaan Sisilia yang dipimpin Manfred. Atas kemenangan itu, Charles berhasil menguasai seluruh wilayah Kerajaan Sisilia.

1829
Levi Strauss lahir di Buttenheim, Bavaria, Konfederasi Jerman. Namanya kemudian terkenal sebagai pengusaha yang bergerak di bidang pakaian. Produk yang bisa dibilang paling terkenal adalah celana jin Levi’s yang diproduksi melalui perusahaannya, Levi Strauss & Co di Amerika Serikat.

Advertisement

1935
Pemimpin Jerman Adolf Hitler memberikan perintah untuk kembali membentuk angkatan udara yang bernama Luftwaffe. Perintah Hitler itu melanggar Perjanjian Versailles yang ditandatangani pada 1919 untuk mengakhiri Perang Dunia I.

Kepler Laveran Lima Ferreira alias Pepe. (Skysports.com)

1983
Kepler Laveran Lima Ferreira lahir di Maceio, Brasil. Ia kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela salah satu klub raksasa di Spanyol, Real Madrid, sejak 2007 hingga 2017. Setelah hengkang dari Real Madrid, pemain yang berposisi sebagai bek tengah dan akrab disapa Pepe itu kemudian memperkuat salah satu klub di Turki, Besiktas.

Advertisement

1989
Pemerintah Amerika Serikat (AS) telah menarik semua pasukannya yang terlibat konflik di Lebanon. AS menarik pasukannya lantaran menganggap konflik di Lebanon sulit diakhiri dan perdamaian di Lebanon sulit diwujudkan.

1991
Pemimpin Irak Saddam Husein mengumumkan penarikan pasukannya dari Kuwait melalui siaran radio di Bagdad, Irak. Penarikan pasukan itu kemudian sekaligus mengakhiri Perang Teluk yang sudah berlangsung sejak 2 Agustus 1990. Dalam perang tersebut, Irak dinyatakan kalah dari pasukan Kuwait yang dibantu Koalisi PBB.

Monumen yang dibangun di The Hague, Belanda untuk mengenang Pembantaian Khojaly. (Wikimedia.org)

Advertisement

1992
Pasukan Armenia yang dibantu pasukan Rusia membantai 613 orang Azerbaijan di Kota Khojaly yang kini dikuasai Armenia. Dari 613 orang yang dibantai itu, 106 orang di antara mereka adalah wanita dan 83 lainnya anak-anak. Peristiwa tragis yang terjadi di masa Perang Nagorno-Karabakh itu kini dikenang dengan sebutan Pembantaian Khojaly.

1993
Serangan bom mendera lokasi parkir di World Trade Center (WTC), New York, Amerika Serikat (AS). Akibat serangan itu, enam orang, sekitar 100 orang terluka, serta beberapa bagian bangunan WTC rusak. Beberapa bulan kemudian, pihak berwajib berhasil menangkap para pelaku, yakni Mohammed Salameh, Nidal Ayyad, Mahmud Abouhalima dan Ahmad Ajaj. Keempat pengebom tersebut lantas dijatuhi hukuman kurungan penjara seumur hidup. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 25 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 25 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 25 Februari

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif