Jateng
Minggu, 25 Februari 2018 - 06:50 WIB

KEBERSIHAN SEMARANG : Nadine Candrawinata Ikut Bersihkan Sampah di CFD Simpang Lima

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Nadine Chandrawinata (Instagram)

Kebersihan di Semarang digalakkan melalui aksi bersih-bersih sampah di arena CFD Simpang Lima.

Semarangpos.com, SEMARANG – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang menyelenggarakan aksi bersih sampah di kawasan Simpang Lima, Semarang, yang juga menjadi lokasi car free day (CFD), Minggu (25/2/2018).

Advertisement

Acara yang dihadiri Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, dan Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya Beracun (PSLB3) KLHK, Rosa Vivien Ratnawati itu rencana juga diikuti pengiat lingkungan sekaligus Putri Indonesia 2006, Nadine Chandrawinata.

Rosa menyebutkan acara bersih sampah di arena CFD Simpang Lima itu tergolong spesial. Hal itu karena acara itu masuk dalam agenda Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018.

“Pelaksanaan TBBS dimulai 21 Januari-21 April2018. Namun, gerakan bersih sampah secara masih tidak berhenti setelah 21 April. Agenda TBBS ini kita jadikan pemicu kesadaran masyarakat dalam menerapkan pola hidup bersih dengan mengurangi dan mengelola sampah secara baik,” ujar Rosa dalam siaran pers yang diterima Semarangpos.com, Sabtu (24/2/2018).

Advertisement

Masih dikutip dari siaran pers KLHK itu, hingga Jumat (23/2/2018) sudah terlaksana 856 kegiatan TBBS di 20 provinsi, dengan 1.886.816 orang. Sementara sampah yang berhasil dikumpulkan mencapai 823.656 kg, di mana 67% merupakan sampah yang bisa diolah. Sedangkan sisanya atau sekitar 33% merupakan sampah jenis residu yang langsung dikirim ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Selain Kota Semarang, kegiatan TBBS di arena CFD dan dialog dengan komunitas pengiat lingkungan juga akan digelar di beberapa kota besar lainnya, seperti Balikpapan, Makassar, Palembang, Ambon, Yogyakarta, Jayapura, dan Banjarmasin.

Untuk menggugah partisipasi masyarakat, KLHK juga mengajak seluruh masyarakat untuk dapat mengunggah aktifitas aksi bersih dan pilah sampah yang dilakukan baik secara sendiri atau berkelompok, di media sosial dengan hashtag #BersihBisaKok dan #PilahSampah. Peringatan HPSN ini bukan menjadi kegiatan pemerintah saja, tetapi diharapkan jadi gerakan nasional yang menyeluruh dan berlangsung secara berkelanjutan.

Advertisement

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif