Jateng
Minggu, 25 Februari 2018 - 02:50 WIB

BENCANA JATENG : BNPB: 9 Warga Tewas Akibat Longsor Brebes

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tim Search and Rescue (SAR) yang berasal dari berbagai elemen melakukan pencarian korban longsor di Desa Pasirpanjang, Salem, Brebes, Jateng, Jumat (23/2/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Oky Lukmansyah)

Bencana tanah longsor di Brebes Jateng dinyatakan BNPB menelan nyawa sembilan warga.

Semarangpos.com, JAKARTA — Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan jumlah korban meninggal akibat longsor di Desa Pasir Panjang, Brebes, Jawa Tengah bertambah menjadi sembilan orang.

Advertisement

“Hingga Sabtu, sembilan orang meninggal dunia dan 13 orang masih dinyatakan hilang. BPBD Kabupaten Brebes telah mendirikan pos komando di rumah warga terdekat lokasi bencana,” kata Sutopo melalui siaran pers diterima di Jakarta, Sabtu (24/2/2018).

Penanganan darurat longsor melibatkan TNI/Polri, sukarelawan, organisasi masyarakat dan aparat desa setempat. Pencarian pada Jumat (23/2/2018) pukul 15.30 WIB sempat dihentikan karena cuaca hujan lebat.

Sutopo mengatakan longsor di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Brebes murni bencana alam. Longsor terjadi di hutan produksi milik Perhutani. Longsor terjadi bukan karena perubahan konservasi lahan atau tata ruang.

Advertisement

Luasan longsor mencapai 16,8 ha dengan panjang longsoran 1 km. Lebar mahkota longsor mencapai 120 m, sedangkan lebar di bagian bawah 240 m. “Ketebalan longsor mencapai 5 m sampai 20 m dengan volume diperkirakan mencapai 1,5 juta meter kubik,” jelasnya.

BPBD Brebes dibantu TNI /Polri serta satuan kerja perangkat daerah (SKPD) setempat telah memasang rambu peringatan bencana alam tanah longsor di ruas jalan yang menghubungkan Kecamatan Palem dengan Kecamatan Banjarharjo, Brebes, Jateng. Bupati Brebes Idza Priyanti juga telah menetapkan status tanggap darurat longsor selama 14 hari, terhitung Kamis (22/2/2018) hingga Rabu (7/3/2018).

Selain di Brebes, bencana tanah longsor juga terjadi di Kabupaten Purbalingga, Kamis (22/2/2018), yang mengakibatkan empat orang meninggal, lima orang luka ringan dan satu orang luka berat.

Advertisement

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif