News
Jumat, 23 Februari 2018 - 00:50 WIB

CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI : 23 Februari 532, Yustinianus I Perintahkan Pembangunan Hagia Sophia

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Hagia Sophia. (Irishtimes.com)

Catatan peristiwa penting dan bersejarah dari tahun ke tahun pada 23 Februari dihimpun dalam tulisan berikut.

Semarangpos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 23 Februari. Pada 23 Februari 532, Kaisar Bizantium, Yustinianus I, memberikan perintah untuk membangun gereja megah yang kemudian dikenal sebagai Hagia Sophia.

Advertisement

Selain itu, terdapat beberapa peristiwa bersejarah yang patut dikenang pada 23 Februari. Berikut Semarangpos.com menghimpun peristiwa-peristiwa itu dari Wikipedia.org dan Thepeoplehistory.com.

Lukisan berjudul The Christian Martyrs’ Last Prayer karya Jean-Léon Gérôme, 1883, yang menggambarkan Penindasan Diokletianus pada 303. (Wikimedia.org)

Advertisement

Lukisan berjudul The Christian Martyrs’ Last Prayer karya Jean-Léon Gérôme, 1883, yang menggambarkan Penindasan Diokletianus pada 303. (Wikimedia.org)

303
Kaisar Romawi Gaius Aurelius Valerius Diokletianus memerintahkan pasukannya untuk menghancurkan gereja Kristen di Nikomedia atau kini Kota Izmit di Turki. Perintah Diokletianus itu merupakan awal dari rangkaian penindasan umat Kristen di wilayah Kekaisaran Romawi selama delapan tahun. Penindasan tersebut kini dikenang dengan sebutan Penindasan Diokletianus.

532
Kaisar Bizantium, Yustinianus I, memerintahkan rakyatnya untuk membangun gereja Kristen megah di Konstantinopel atau kini Istanbul di Turki. Gereja itu kini dikenal dengan nama Hagia Sophia dan sudah menjadi museum. Bangunan yang awalnya difungsikan sebagai gereja tersebut sempat difungsikan sebagai masjid saat Kostantinopel dikuasai Kesultanan Ottoman.

Advertisement

1904
Amerika Serikat (AS) mendapatkan kontrol atas Zona Terusan Panama dengan membayar kepada Panama senilai US$10 juta. Panama memberikan kontrol atas terusan tersebut lantaran menganggap AS telah membantunya dalam meraih kemerdekaan dari Kolombia. Terusan Panama adalah terusan yang memotong Amerika Utara dan Amerika Selatan serta menghubungkan Samudra Pasifik dan Atlantik. AS mengontrol terusan tersebut hingga 15 Agustus 1914.

1944
Otoritas Uni Soviet mendeportasi sejumlah tentara yang berada di wilayah Chechnya dan Ingushetia ke wilayah Asia Tengah. Sejumlah tentara itu dituding telah mengkhianati pemerintah Uni Soviet dan bekerja sama dengan tentara Nazi Jerman.

Pasukan AS mengibarkan bendera di puncak Gunung Surabachi, Pulau Iwo Jima, 23 Februari 1945. (Wikimedia.org)

Advertisement

1945
Pasukan Amerika Serikta (AS) berhasil merebut kekuasaan di Gunung Surabachi, Pulau Iwo Jima dari Jepang. Dalam salah satu peristiwa semasa Pertempuran Iwo Jima itu, pasukan AS kemudian mengibarkan bendera AS di puncak Gunung Surabachi.

1945
Pasukan Amerika Serikat (AS) berhasil menduduki wilayah Manila, Filipina yang sebelumnya dikuasai pasukan Jepang. Sebelumnya, pasukan Jepang menduduki Manila sejak 1942. Beberapa bulan kemudian, pasukan AS juga berhasil merebut semua wilayah kekuasaan Jepang di Filipina.

1945
Pasukan Uni Soviet dan pasukan Polandia berhasil membebaskan Kota Poznan di Polandia dari cengkeraman Jerman. Sebelumnya. kota tersebut dikuasai Jerman sejak 1939.

Advertisement

1945
Pasukan Angkatan Udara Inggris membombardir Kota Pforzheim di Jerman menggunakan 379 pesawat pengebom. Akibatnya, sekitar 17.000 orang tewas dan 83% bangunan di kota tersebut hancur.

1959
Perdana Menteri Inggris Harold Macmillan tiba di Rusia untuk bertemu dengan pemimpin Uni Soviet Nikita Khrushchev demi memperbaiki hubungan diplomatik kedua negara. Hubungan Inggris dan Uni Soviet memang sedikit memanas sejak dimulainya Perang Dingin. Dalam pertemuan tersebut, Inggris dan Rusia bersepakat untuk menghentikan uji coba nuklir yang mereka lakukan di negara masing-masing. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 22 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 21 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 20 Februari

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif