Jateng
Rabu, 21 Februari 2018 - 09:50 WIB

PILKADA 2018 : Pose Sudirman Said di Kelenteng Ini Dianggap Hoaks

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Penyangkalan Wakil Ketua DPW PAN Jateng Bidang Komunikasi dan Kebijakan Publik Kustadi Danuri terkait foto Sudirman Said yang beredar. (Facebook.com-Kustadi Danuri)

Pilkada atau lebih tepatnya Pilgub Jateng 2018 diwarnai dengan tersebarnya foto Sudirman Said yang berpose seolah-olah sedang beribadah di kelenteng.

Semarangpos.com, SEMARANG – Foto salah seorang calon gubernur (cagub) di pilkada atau lebih tepatnya Pilgub Jateng 2018, Sudirman Said, saat di Kelenteng Tay Kak Sie, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (16/2/2018) lalu, tersebar di media sosial dan ramai dikomentari. Foto yang tersebar itu menunjukkan Sudirman Said yang sedang mengatupkan kedua tangan di depan dada layaknya pose orang bersembahyang di kelenteng.

Advertisement

Menanggapi tersebarnya foto itu, Wakil Ketua DPW PAN Jateng Bidang Komunikasi dan Kebijakan Publik Kustadi Danuri menegaskan foto yang tersebar itu merupakan hoaks atau bermuatan kebohongan. Kustadi bahkan menyebut orang yang menyebar foto salah seorang cagub di pilkada atau lebih tepatnya Pilgub Jateng 2018 sedang berpose seperti sedang beribadah di kelenteng itu bernama Kinaryosih.

[Baca juga Sukarelawan Ganjar Laporkan Akun Penyebar Kampanye Hitam]

Advertisement

[Baca juga Sukarelawan Ganjar Laporkan Akun Penyebar Kampanye Hitam]

Sayangnya, dedengkot PAN Kota Salatiga yang menggenakan semangat turn back hoax itu tak menjelaskan secara terperinci siapa itu Kinaryosih. “Yang Namanya Kinaryosih, penyebar berita hoaks Pak Dirman sedang di kelenteng, ayo tampakkan dirimu,” tulis Kustadi Danuri melalui akun Facebooknya, Selasa (20/2/2018).

Tokoh PAN Jateng itu juga menyebut foto yang memuat Sudirman Said berpose seakan-akan sedang bersembahyang di kelenteng tersebut merupakan hoaks. Ia juga menyertakan foto Sudirman Said di kelenteng yang sama namun dengan pose berbeda. “Gambar di bawah sangat jelas kan? Siapa dalang hoaks selama ini! Kenapa tidak berita yang benar di koran hari ini yang disebar?” tanya Kustadi.

Advertisement

Sudirman Said memang sempat mengunjungi Kelenteng Tay Kak Sie di Kota Semarang, Jateng tepat pada Tahun Baru Imlek, Jumat (16/2/2018) lalu. Meski kebenaran mengenai pose Sudirman Said itu masih simpang siur, yang pasti Sudirman Said berkesempatan menyalakan lilin di kelenteng tersebut.

Pilgub Jateng dalam rangkaian pilkada serentak 2018 memang sempat diwarnai kabar burung yang belum tentu kebenarannya dan terindikasi sebagai black campaign atau kampanye hitam. Sebelumnya, pengguna Twitter yang mencatut nama Ganjar Pranowo dengan menggunakan akun @Ganjar2Periode sempat menyebar kabar yang menyebut Sudirman Said sebagai umat Kristen.

[Baca juga Polisi Belum Terima Laporan soal Akun @Ganjar2periode]

Advertisement

Tim sukarelawan Ganjar Pranowo pun mengaku telah melaporkan pengguna akun Twitter tersebut kepada pihak berwajib. Mereka berkilah kendati unggahan bernuansa black campaign atau kampanye hitam itu menyerang Sudirman Said, namun unggahan itu justru merugikan kredibilitas Ganjar Pranowo selaku jago mereka di pilkada atau Pilgub Jateng 2018.

Nyatanya, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jateng AKBP Haryo Sugiharto membeberkan, hingga Senin (19/2/2018), pihak kepolisian belum menerima laporan resmi sebagaimana dipublikasikan tim sukarelawan Ganjar Pranowo itu. Meski demikian, polisi berkomitmen memproses tindakan warga yang terindikasi black campaign di pilkada atau Pilgub Jateng 2018 itu. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif