Jogja
Rabu, 21 Februari 2018 - 12:55 WIB

Blank Spot Kulonprogo Baru Terdata di 4 Kecamatan

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Keempat kecamatan itu adalah Galur, Nanggulan, Kalibawang dan Samigaluh

Harianjogja.com, KULONPROGO-Hingga akhir Februari, hanya ada empat kecamatan yang berhasil didata oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo terkait dengan blank spot (titik yang tak mendapatkan sinyal telekomunikasi).

Advertisement

Kepala Seksi (Kasie) Pengembangan Sistem Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kulonprogo, Arita Handiyati mengatakan data blank spot dari semua kecamatan diperlukannya sebagai patokan utama untuk pemetaan wilayah pemasangan menara telekomunikasi. Dari total 12 kecamatan di Kulonprogo, diakuinya memang baru ada empat kecamatan yang telah menyerahkan data blank spot di wilayah mereka masing-masing.

“Keempat kecamatan itu adalah Galur, Nanggulan, Kalibawang dan Samigaluh. Padahal sudah kami minta sejak 2017,” katanya kepada wartawan, Selasa (20/2/2018).

Dalam pekan ini, Diskominfo Kulonprogo diakuinya terus berupaya meminta delapan kecamatan yang belum menyerahkan data tersebut. Pasalnya Maret mendatang, Diskominfo akan menggunakan data tersebut sebagai materi sosialiasi Peraturan Bupati (Perbup) No.42/2015 tentang Penempatan Menara Bersama Telekomunikasi. Sosialisasi itu nantinya, kata dia, akan melibatkan pihak penyedia jasa layanan saluran telepon, khususnya terkait dengan proses negosiasi pendirian menara telekomunikasi.

Advertisement

“Jadi data yang tidak memiliki sinyal akan digunakan sebagai dasar membuat perencanaan pembuatan menara telekomunikasi, dan di acara tersebut [sosialiasi] akan dilakukan lobby-lobby kepada penyedia jasa,” jelasnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif