News
Selasa, 20 Februari 2018 - 00:50 WIB

CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI : 20 Februari, Kurt Cobain dan Rihanna Ultah

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kurt Donald Cobain. (Rollingstones.com)

Catatan peristiwa penting dan bersejarah dari tahun ke tahun pada 20 Februari dihimpun dalam tulisan berikut.

Semarangpos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 20 Februari. Pada 20 Februari, dua penyanyi yang cukup terkenal, yakni Kurt Cobain dan Rihanna berulang tahun.

Advertisement

Selain itu, terdapat beberapa peristiwa bersejarah yang patut dikenang pada 17 Februari. Berikut Semarangpos.com menghimpun peristiwa-peristiwa itu dari Wikipedia.org dan Thepeoplehistory.com.

1547
Edward VI secara resmi dinobatkan sebagai pemimpin Kerajaan Inggris pada usianya yang baru menginjak sembilan tahun. Edward VI menggantikan ayahnya, Henry VIII, yang meninggal dunia pada 28 Januari 1547. Edward VI adalah raja ketiga dari Dinasti Tudor dan pemimpin Inggris pertama yang beragama Kristen Protestan.

Advertisement

1547
Edward VI secara resmi dinobatkan sebagai pemimpin Kerajaan Inggris pada usianya yang baru menginjak sembilan tahun. Edward VI menggantikan ayahnya, Henry VIII, yang meninggal dunia pada 28 Januari 1547. Edward VI adalah raja ketiga dari Dinasti Tudor dan pemimpin Inggris pertama yang beragama Kristen Protestan.

1813
Pasukan pejuang kemerdekaan Argentina yang dipimpin Manuel Belgrano berhasil mengalahkan pasukan Peru pimpinan Juan Pio de Tristan dalam Pertempuran Salta. Juan Pio de Tristan adalah pangeran Spanyol yang pada saat itu menguasai Peru bagian selatan.

Ilustrasi Perang Uruguay. (Wikimedia.org)

Advertisement

1933
Pemimpin Jerman Adolf Hitler melakukan pertemuan rahasia dengan para industrialis di Berlin, Jerman. Tujuan pertemuan rahasia itu adalah untuk mengumpulkan dana sebagai dana kampanye untuk memenangkan Partai Nazi pada pemilihan umum di Jerman.

1944
Pasukan Sekutu memulai penyerangan terhadap beberapa pusat industri pesawat di Jerman. Penyerangan yang disebut dengan Big Week itu berlangsung selama enam hari. Sekutu melancarkan serangan ke pusat-pusat industri pesawat di Jerman demi melumpuhkan Angkatan Udara Jerman dan berharap mampu memenangi Perang Dunia II dengan lebih cepat.

1944
Pasukan Amerika Serikat (AS) berhasil merebut Atol Enewetak di Samudera Pasifik dari cengkeraman Jepang. Kekuasaan AS di Atol Enewetak berlangsung sampai 1986 sebelum akhirnya atol tersebut menjadi wilayah kekuasaan Kepulauan Marshall.

Advertisement

1967
Kurt Donald Cobain lahir di Aberdeen, Washington, Amerika Serikat (AS). Namanya kemudian dikenal sebagai vokalis, gitaris, dan penulis lagu dalam grup band beraliran grunge, Nirvana. Cobain meninggal dunia saat ia sedang berada di puncak kariernya dan pada usia yang masih muda, yakni 27 tahun.

Robyn Rihanna Fenty. (Glamour.com)

1988
Robyn Rihanna Fenty dilahirkan di Saint Michael, Barbados. Kini, namanya terkenal sebagai penyanyi, penulis lagu, aktris, model, sekaligus produser musik dengan nama panggung Rihanna dan berkarier di Amerika Serikat (AS). Wanita yang dikenal dengan suara khasnya itu merupakan salah satu penyanyi AS terkaya dengan harta mencapai US$230 juta.

Advertisement

1991
Patung mantan diktator Albania, Enver Hoxha, yang berukuran sangat besar dan terletak di ibu kota Albania, Tirana, dihancurkan oleh para demonstran. Enver Hoxha adalah pemimpin Albania yang menjabat dari 1941 hingga akhir hayatnya pada 1985.

1992
Football Association (FA) atau Asosiasi Sepak Bola Inggris membentuk format baru untuk kompetisi sepak bola kasta teratas di Inggris dengan nama FA Premier League—yang sekarang dikenal dengan nama English Premier League atau Liga Primer Inggis—dengan jumlah anggota sebanyak 22 klub. Sebelumnya, kompetisi sepak bola kasta teratas di Inggris bernama Liga Sepak Bola Divisi Pertama dan memiliki sistem berbeda dengan yang digunakan sejak 1992 hingga kini. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 19 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 18 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 17 Februari

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif