Jogja
Senin, 19 Februari 2018 - 18:55 WIB

Patung Soekarno Bakal Berdiri di Meksiko

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Yusman menunjukan maket yang akan digunakan sebagai acuan peserta lomba di Meksiko. (Foto istimewa)

Maestro Pematung Yusman menjadi Juri Sayembara Pekerjaan Pembuatan Patung Presiden Soekarno di Meksiko

Harianjogja.com, BANTUL – Maestro Pematung Yusman menjadi Juri Sayembara Pekerjaan Pembuatan Patung Presiden Soekarno di Meksiko. Yusman satu-satunya juri yang resmi ditunjuk pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Advertisement

Selain sebagai Juri, dalam sayembara tersebut juga meggunakan Maket karya Maestro Yusman.

Menurut Yusman, Ia  berangkat ke Meksiko pada 7 November dan 12 November 2017, untuk persiapan. Kemudian ia berangkat lagi ke Meksiko untuk Penjurian mulai Tgl 23 Desember 2017 s/d 7 Januari 2008.

“Pengumuman pemenang tanggal 8 Januari 2018. Saya diminta ke Meksiko lagi pada 23-28 Februari 2018 mendatang untuk melihat hasil pengerjaan pemenang,” tuturnya, dalam acara syukuran panitia penyelenggara Pameran Tunggalnya pada 20 Desember 2017 hingga 20 Januari 2018 yang lalu, di Studio Patung Yusman, Senin (19/2/2018).

Advertisement

Pameran patung tersebut tercatat dalam Museum Record Dunia Indonesia (MURI) atas Rekor Pemrakarsa dan Penyelenggara pameran tunggal patung berkelompok terbesar.

Dikatakan Yusman momen Sayembara Pekerjaan Pembuatan Patung Presiden Soekarno di Meksiko ini penting untuk diketahu publik Bangsa Indonesia. Menurutnya momentum ini menunjukkan bangsa kita itu bangsa besar. Presiden RI pertama, Soekarno, kata Dia, ketokohannya diakui di Meksiko dan negara-negara lain di dunia.

“Jangan sampai bangsa kita sendiri melupakan sejarah dan kebesaran bangsa kita, termasuk founding father bangsa Indonesia, terutama nilai-nilai yang ditanamkannya,” imbuh Yusman.

Advertisement

Yusman menginformasikan, patung bung Karno di Meksiko nantinya akan dipasang di Taman Kota Meksiko bersama tokoh-tokoh dunia seperti Mahatma Gandhi dan lainnnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif