Jatim
Senin, 19 Februari 2018 - 18:05 WIB

Longsor Grobogan Teratasi, KA dari Jakarta Masih Telat Tiba di Madiun

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kereta api. (JIBI/Solopos/Dok.)

Jalur kereta api di Gundih-Karangsono sudah bisa dilalui setelah dua hari tertutup longsor.

Madiunpos.com, MADIUN — Jalur kereta api Gundih-Karangsono, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, sudah bisa dilalui, Senin (19/2/2018). Jalur kereta api ini sempat lumpuh selama dua hari karena tertutup material longsoran.

Advertisement

Manager Humas PT KAI Daop VII Madiun, Supriyanto, mengatakan saat ini jalur kereta api di titik Gundih-Karangsono, Kabupaten Grobogan, sudah bisa dilalui kereta api. Perbaikan jalur tersebut selesai dikerjakan pada Minggu (18/2/2018) malam.

Meski sudah dapat dilalui, kereta api yang melintas di jalur tersebut dibatasi melaju dengan kecepatan 5 km/jam. “Informasi yang kami terima, Minggu malam jalur rel di Km 61+7/8 antara Gundih-Karangsono sudah bisa dilalui. KA pertama yang melintas yakni KA Brantas tujuan Jakarta,” kata dia kepada Madiunpos.com, Senin (19/2/2018).

Supriyanto menyampaikan jalur tersebut dinyatakan benar-benar aman untuk dilintasi kereta api. Jalur tersebut tidak bisa dilalui kereta api pada Sabtu lalu karena tertutup material longsoran. Akibat longsoran ini sejumlah KA yang dari maupun menuju Madiun dialihkan melewati Stasiun Gundih-Gambiran-Semarang.

Advertisement

Lebih lanjut, hingga Senin ini sejumlah kereta api dari Jakarta menuju wilayah Daops VII Madiun masih mengalami keterlambatan. Hal ini dikarenakan KA Bangunkarta dan KA Matarmaja masih dialihkan di jalur Gambiran. (baca: KA Brantas Telat Hampir 10 Jam Sampai di Madiun karena Longsor Grobogan)

Untuk KA Bangunkarta relasi Gambir-Semarang-Madiun-Surabaya masuk Stasiun Madiun terlambat 140 menit yang seharusnya tiba pukul 01.04 WIB menjadi 03.24 WIB.

KA Matarmaja relasi Jakarta Pasarsenen-Semarang-Madiun-Malang juga mengalami keterlambatan sekitar 140 menit. Seharusnya masuk Madiun pukul 02.54 WIB menjadi 05.14 WIB. KA Majapahit relasi Jakarta Pasarsenen-Semarang-Madiun-Malang terlambat 60 menit, dari jadwal yang seharusnya tiba di Madiun pukul 05.19 WIN menjadi 06.19 WIB.

Advertisement

“Untuk KA Brantas relasi Jakarta Pasarsenen-Semarang-Madiun-Blitar masuk Stasiun Madiun tepat waktu yaitu pukul 04.50 WIB. Semoga tidak ada kejadian lagi yang mengganggu perjalanan KA,” jelas dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif