Jateng
Minggu, 18 Februari 2018 - 18:50 WIB

Tol Semarang-Demak Mulai Agustus 2018

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sekda Pemprov Jateng Sri Puryono. (JIBI/Solopos/Antara/Sumarwoto)

Tol Semarang-Demak dijadwalkan pembangunannya mulai Agustus 2018.

Semarangpos.com, SEMARANG — Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono mengungkapkan pembangunan fisik 24 km jalan tol ruas Semarang-Demak sudah bisa dimulai Agustus 2018.

Advertisement

“Kami sudah menjadwalkan nanti Agustus 2018, insya Allah sudah konstruksi. Mohon doanya,” katanya di sela-sela mendampingi kunjungan kerja Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Kota Semarang, Jateng, Senin (12/2/2018).

Sekda Sri Puryono mengungkapkan, tidak ada kendala yang berarti dalam persiapan pembangunan proyek jalan tol Semarang-Demak. Selain itu, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional juga sudah memberikan persetujuan atas tata ruangnya.

“Persetujuan dari Menteri ATR/BPN baru saja [diberikan], sekarang kami tunggu amdalnya dari pusat. Kalau itu selesai, baru proses selanjutnya,” ujarnya.

Advertisement

Jalur jalan bebas hambatan alias tol Semarang-Demak akan dibangun di tepi laut sehingga mempunyai dua fungsi yaitu menjadi penghubung Kota Semarang dan Kabupaten Demak, serta menjadi pembendung limpasan air laut ke daratan atau rob. Anggaran yang dialokasikan pemerintah pusat untuk proyek pembangunan jalur tol Semarang-Demak mencapai sekitar Rp9 triliun yang tidak hanya mencakup jalan tol, tapi juga proyek terkait.

Proyek pembangunan jalan tol Semarang-Demak direncanakan membutuhkan lahan seluas 1.887.000 m2 yang akan dibagi menjadi dua seksi, yakni Seksi I Kota Semarang dan Seksi II Kabupaten Demak. Seksi I Kota Semarang, meliputi Kecamatan Genuk, yang berada di sejumlah kelurahan seperti Kelurahan Trimulyo, Terboyo Wetan, dan Terboyo Kulon. Sementara itu, untuk Seksi II Kabupaten Demak akan melintasi empat kecamatan, yakni Kecamatan Sayung, Karangtengah, Wonosalam, dan Demak Kota dengan total panjang jalan tol diperkirakan mencapai 24 km.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif