Jateng
Sabtu, 17 Februari 2018 - 08:50 WIB

NARKOBA JATENG : Duta Muda Antinarkoba Jateng Audisi di MAJT

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Peserta audisi Duta Muda Antinarkoba Jawa Tengah mempresentasikan upaya penanggulangan penyalahgunaan narkoba di hadapan juri di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Kota Semarang, Selasa (13/2/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Zuhdiar Laeis)

Narkoba bakal ditangkal peredarannya Jateng seiring hadirnya duta muda antinarkoba Jateng yang diaudisi di MAJT, Kota Semarang.

Semarangpos.com, SEMARANG — Gerakan Nasional Anti Narkoba (Ganas Anar) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah, Rabu (14/2/2018), menjaring Duta Muda Antinarkoba Jateng melalui audisi yang digelar di Ballroom Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Semarang, Jateng.

Advertisement

Ketua Gerakan Nasional Antinarkotika (Ganas-Anar) MUI Jateng Multazam Achmad di Semarang, Selasa (13/2/2018), kepada Kantor Berita Antara menjelaskan audisi Duta Muda Antinarkoba Jateng itu dilaksanakan secara bertingkat. Dari total peserta 348 orang, dijaring 28 finalis, untuk kemudian dikerucutkan lagi menjadi delapan sebagai grand finalis.

Menurut dia, penyelenggaraan audisi Duta Muda Antinarkoba Jateng itu merupakan yang kali pertama digelar Ganas-Anar MUI Jateng. Pemicunya adalah keprihatinan atas kian semaraknya peredaran narkoba yang juga menjerat generasi muda Jateng.

Audisi itu memperebutkan hadiah dan trofi Gubernur Jateng, Kapolda Jateng, dan Kepala BNNP Jateng dengan perincian juara I Rp7,5 juta, juara II Rp5 juta, juara III Rp3 juta, ditambah tiga juara harapan. Meskipun hanya menjaring delapan besar peserta maju ke babak grand final, lanjut dia, seluruh peserta audisi itu tetap menjadi duta muda antinarkoba yang menyosialisasikan ke sekolah masing-masing.

Advertisement

“Para peserta audisi ini kan duta pilihan dari sekolah masing-masing. Setelah audisi ini, mereka akan kami bekali dengan pengetahuan mengenai penanggulangan narkoba sebagai sukarelawan antinarkoba Jateng,” katanya.

Koordinator Dewan Juri Duta Muda Antinarkoba Jateng Nur Khoirin menambahkan bahwa pengetahuan peserta dalam penanggulangan penyalahgunaan narkoba sangat luar biasa meski masih duduk di bangku sekolah dan kuliah. “Dari total 348 peserta, separuhnya `kan dari SMA, SMK, dan MA, kemudian separuhnya mahasiswa. Di luar dugaan juri, para peserta sangat luar biasa dalam mempresentasikan penanggulangan narkoba,” katanya.

Secara materi presentasi, semangat, dan kemampuan berpidato, diakuinya, para peserta memiliki kemampuan sama di atas rata-rata sehingga sampai membuat dewan juri kebingungan menyaring peserta. “Istilahnya, mereka semua ini sudah paham Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Dari 28 besar peserta, akan dijaring delapan besar. Kami sampai bingung karena semuanya cerdas,” katanya.

Advertisement

Mengenai materi yang diujikan, kata dia, tidak hanya secara teoritis, tetapi lebih banyak studi kasus. Misalnya, bagaimana pendapat mereka dengan hukuman mati yang dijatuhkan bagi bandar narkoba. “Bandar narkoba yang sudah dijatuhi hukuman mati namun tidak kunjung dieksekusi, bagaimana? Ya, lebih banyak studi kasus. Intinya, kami melihat kecerdasan, integritas, dan religiusitas,” kata Khoirin.

Sementara itu, Ketua Panitia Audisi Duta Muda Antinarkoba Jateng Isdiyanto Isman mengatakan bahwa penyelenggaraan audisi itu direncanakan sebagai agenda tahunan yang diawali tahun ini sebagai pilot project. “Tahun depan, pelaksanaan audisi akan diawali dari setiap eks keresidenan. Puncaknya, tingkat Jateng. Kalau sekarang `kan langsung di Jateng. Yang jelas, makin tahun akan semakin berkualitas,” katanya.

Dari animo peserta, diakuinya sangat besar sebab awalnya hanya ditargetkan 250 peserta, tetapi membeludak hingga 348 peserta yang berasal dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi di Jateng. “Tidak hanya diuji secara materi pengetahuan, para peserta yang masuk delapan besar akan dites urine oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jateng dan dikarantina menjelang grand final,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif