News
Jumat, 16 Februari 2018 - 19:40 WIB

Netizen Ungkap Kejanggalan Tiket Pesawat Rizieq Shihab

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jadwal Saudi Arabian Airlines pada 20 Februari 2018. (www.bookonline.saudiairlines.com)

Gambar tiket pesawat Rizieq Shihab pada 20 Februari 2018 dinilai janggal.

Solopos.com, SOLO — Gambar tiket pesawat kepulangan Rizieq Shihab ke Indonesia pada 21 Februari 2018 yang beredar di media sosial disebut-sebut sebagai hoax. Selain tidak adanya informasi yang diterima kepolisian, ada kejanggalan yang ditemukan netizen dalam gambar itu.

Advertisement

Dalam gambar tiket itu, tertulis nama MOHAMAD/RIZIEQ SHYHAB MR yang dijadwalkan naik pesawat Saudi Arabian Airlines dengan nomor penerbangan SV 816. Pesawat disebut akan berangkat pada 20 Februari dari Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, dan sampai di Bandara Soekarno-Hatta pada 21 Februari 2018 dengan durasi 9 jam penerbangan.

Namun, data jadwal penerbangan Saudi Arabian Airlines dari Jeddah ke Jakarta pada 20 Februari 2018 menunjukkan hal berbeda. Penelusuran Solopos.com melalui situs www.bookonline.saudiairlines.com, rute dari Jeddah ke Jakarta pada hari itu hanya dilayani dua pesawat, yaitu dengan nomor penerbangan SV1044 dan SV822.

Selain itu, durasi penerbangan dari Jeddah ke Jakarta dalam situs tersebut mencapai 15 jam. Hal ini berbeda dengan yang tercantum dalam gambar tiket yang menyebutkan durasi penerbangan hanya 9 jam.

Advertisement

Gambar tiket pulang Rizieq Shihab yang beredar di media sosial. (Twitter/@Dyandhira17)

Di Twitter, sejumlah akun mempertanyakan kebenaran tiket itu. Akun @makLambeTurah misalnya mengklaim bahwa nama yang tercantum di tiket itu seharusnya bukan Rizieq Shihab. “Gue mah ga percaya ini secara nama nya di KTP kan Alsyarief Ali, bisa2nya disitu rizieq shihab…setahu gue sih nama KTP itu yg dipake,” kicau akun itu, Jumat (16/2/2018).

Akun @ProfYLH juga menyebutkan hal serupa. “Benar Telah Diberitakan Pula @RizieqSyihabFPI Tak Jadi Pulang ke Mabes FPI Tanggal 21 Februari 2018,” kicau akun itu sambil menyertakan link sebuah berita dari media online.

Advertisement

Sebelumnya, dilansir Suara.com, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo mengatakan polisi belum belum mendapatkan informasi terkait kepulangan Rizieq ke Indonesia. “Polri belum dapat informasi soal kepulangan dari Habib Rizieq ya,” kata Argo, Jumat (16/2/2018).

Karena belum didapatkan informasi soal kepulangan Rizieq, Argo menganggap foto tiket pesawat itu cenderung sebagai berita bohong alias hoax. “Ya [hoax], polisi belum ada [info] kepastian soal kepulangan [Rizieq],” kata Argo.

Sebaliknya, Hubungan Masyarakat Persaudaraan Alumni 212 yang juga petinggi FPI, Novel Bamukmin, mengonfirmasi foto e-ticket kepulangan Rizieq itu. “Iya, itu tiket kepulangan Habib [Rizieq], Insya Allah pulang beliau,” kata Novel kepada Suara.com.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif