Soloraya
Jumat, 16 Februari 2018 - 19:00 WIB

Kian Membesar, Lubang Underpass Makamhaji Sukoharjo Mulai Ditambal

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kendaraan melintas di underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo yang rusak, Jumat (16/2/2018). (Iskandar/JIBI/Solopos)

Lubang jalan di underpass Makamhaji Sukoharjo akhirnya ditambal setelah kian membahayakan.

Solopos.com, SUKOHARJO — Lubang jalan di sisi utara underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, akhirnya mulai diperbaiki. Selama ini, para pengguna jalan yang melintas jalan penghubung Kota Solo-Kartasura itu mengeluhkan kerusakan tersebut.

Advertisement

“Kerusakan jalan di underpass Makamhaji itu mengganggu kelancaran arus lalu-lintas dan membahayakan. Karena kendaraan yang melintas di underpass itu selain harus antre, juga harus menghindari lubang jika ingin melintas,” ujar salah seorang warga Kartasura, Kurniawan, ketika ditemui Solopos.com, Jumat (16/2/2018).

Menurut dia, jika pengguna jalan menghindari lubang jalan harus hati-hati, setidaknya harus melihat laju kendaraan dari arah berlawanan. Jika tidak, kendaraan bisa bersenggolan dengan kendaraan dari arah berlawanan.

Dia mengungkapkan kerusakan jalan itu setidaknya sudah berlangsung tiga bulan lalu. Awalnya lubang jalan akibat aspal terkelupas itu hanya kecil.

Advertisement

Namun karena padatnya lalu-lintas di Jl Slamet Riyadi Kartasura yang berbatasan dengan Kota Solo ini, kerusakan menjadi semakin parah. Karena itu dia berharap yang berwenang segera memperbaiki kerusakan jalan tersebut.

Secara terpisah salah petugas perawatan jalan underpass, Sardi, 46, saat ditemui wartawan mengatakan saat ini pihaknya mulai memperbaiki kerusakan jalan di underpass. Pada tahap pertama pihaknya mengupas aspal dan beton cor sekitar lubang.

Kerusakan diduga terjadi akibat munculnya sumber mata air dari dalam tanah. Sebab di lokasi lubang jalan ditemukan sumber mata air yang mengalir deras. “Dulu ketika awal membangun tempat ini dengan mengeruk tanah untuk underpass, ada sejumlah sumber mata air di dalam tanah. Beberapa dari mata air itu cukup besar sehingga pada awal pengaspalan underpass ini sering kali rusak,” ujar Sardi.

Advertisement

Sebagai solusi sementara, Sardi mencoba mencari tukang untuk memasang paralon pada sumber mata air. Dengan demikian air bisa disalurkan melalui paralon dibuang ke saluran pembuangan di dekatnya.

Setelah itu paralon dicor semen dan ditutup aspal. Diharapkan dengan ditanamnya paralon pada sumber mata air dalam tanah itu akan meminimalisasi desakan air yang diduga menjadi salah satu penyebab kerusakan jalan.

Advertisement
Kata Kunci : Underpass Makamhaji
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif