News
Jumat, 16 Februari 2018 - 00:50 WIB

CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI : 16 Februari, Selamat Ulang Tahun Rossi!

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Valentino Rossi. (Motorcyclenews.com)

Catatan peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah dari beragam belahan dunia dari tahun ke tahun pada 16 Februari disajikan dalam tulisan ini.

Semarangpos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di seluruh penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 16 Februari. Lahirnya pembalap Moto GP Valentino Rossi merupakan salah satu peristiwa yang terjadi pada 16 Februari.

Advertisement

Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting yang Semarangpos.com rangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 16 Februari.

1918
Lituania mendeklarasikan kemerdekaannya dari Jerman. Sebelumnya, wilayah Lituania telah diduduki Jerman sejak 1915.

Advertisement

1918
Lituania mendeklarasikan kemerdekaannya dari Jerman. Sebelumnya, wilayah Lituania telah diduduki Jerman sejak 1915.

1923
Makam Raja Tutankhamun di Mesir dibongkar untuk kepentingan Ilmu Sejarah. Pembongkaran itu mampu membuat para arkeolog takjub setelah ditemukan kuil berlapis ukiran emas di dalam makam. Berbagai barang di Makam Raja Tutankhamun pun dianggap masih utuh dan belum tersentuh selama lebih dari 3.000 tahun.

1940
Pertempuran antara pasukan Inggris dan pasukan Jerman meletus di perairan Jossingfjord, Norwegia. Pasukan Inggris yang menggunakan kapal tempur berhasil menang atas Jerman yang hanya mengerahkan kapal tanker. Sebanyak 299 tentara Inggris yang ditawan pasukan Jerman di kapal tanker bernama Altmark itu berhasil dibebaskan. Dari pertempuran yang dikenang dengan sebutan Insiden Altmark itu, Jerman harus kehilangan delapan tentaranya yang tewas, sedangkan dari kubu Inggris sama sekali tak ada korban jiwa.

Advertisement

1943
Pasukan Uni Soviet berhasil merebut kembali wilayah Kharkiv setelah dikuasai Jerman sejak 24 Oktober 1941. Namun demikian, Jerman kembali berupaya Kharkiv pada 15 Maret 1943. Uni Soviet benar-benar berhasil membebaskan Kharkiv dari cengkeraman Jerman pada 23 Agustus 1943.

1959
Fidel Castro dilantik menjadi perdana menteri ke-16 Kuba. Beberapa tahun setelah Castro menjadi pemimpin Kuba, Amerika Serikat (AS) menarik semua utusan diplomatiknya dari Kuba. Tindakan AS itu dipicu kampanye anti Amerika yang digaungkan Castro.

1960
Kapal selam milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), USS Triton, berangkat dari Pelabuhan New London, Connecticut untuk menjalankan Operation Sandblast atau Operasi Semburan Pasir. Pada operasi itu, USS Triton melakukan perjalan keliling dunia dengan terus menyelam di bawah air.

Advertisement

1979
Valentino Rossi lahir di Urbino, Italia. Valentino Rossi kemudian dikenal sebagai pembalap Moto GP tersukses sepanjang masa dengan tujuh gelar juara dunia. Ia berhasil menyabet gelar juara Moto GP pada 2001, 2002, 2003, 2004, 2005, 2008 dan terakhir pada 2009.

1999
Ledakan bom diiringi rentetan suara senjata api terdengar di kantor pusat pemerintahan Uzbekistan. Ledakan bom dan rentetan tembakan itu merupakan upaya percobaan pembunuhan Presiden Uzbekistan, Islam Karimov, yang dilakukan kelompok pemberontak.

2001
Tursandi Alwi secara resmi dilantik sebagai penjabat gubernur pertama di Provinsi Gorontalo. Hari itu kemudian diperingati sebagai Hari Lahir Provinsi Gorontalo hingga 2015 meski provinsi tersebut dibentuk pada 5 Desember 2000 dan disahkan pada 22 Desember 2000. Pada Sidang Paripurna DPRD Provinsi Gorontalo, 19 Agustus 2015 2015, peringatan hari lahir provinsi tersebut kemudian diubah menjadi 5 Desember. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarngpos.com)

Advertisement

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 15 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 14 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 13 Februari

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif